10 Alternatif Menghibur Diri Saat Harus Tetap di Rumah

Adanya Virus Covid-19 sejak 4 bulan terakhir ini, membuat tatanan kebiasaan di dunia menjadi berubah. Di beberapa negara ada yang memberlakukan Lockdown, begitupun di Indonesia pemerintah memberlakukan pembatasan sosial berskala besar atau PSBB.

Oleh karena itulah, di Indonesia sendiri diberakukan sekolah from home bagi para siswa dan mahasiwa. Sedangkan untuk para pekerja diberlakukan work from home.

Tujuan diberlakukan Work From Home dan School from home ini bertujuan agar penyebaran virus corona bisa diminimalisir. Sehingga pemerintah mengimbau agar masyarakat tetap diam di rumah kecuali ada keperluan yang mendesak.

Tentu saja, aktivitas yang dilakukan semuanya dari rumah ternyata dapat menimbulkan stress, jenuh, bahkan mungkin ada yang terganggu Kesehatan mentalnya.

Selain itu, banyak orang yang merasa kesepian, terputus hubungan dengan orang luar, dan memang harus bisa beradaptasi dengan kehidupan normal yang dijalani saat ini.

Maka dari itu, agar Anda tetap bisa tetap enjoy dan terhibur melakukan berbagai aktivitas di rumah berikut akan kami paparkan tentang 10 alternatif menghibur diri saat harus di rumah.

1. Video Call Bersama Sahabat atau Keluarga

Video Call Bersama Sahabat atau Keluarga

Saat harus di rumah dan jauh dari sanak keluarga, jangan ragu untuk menelepon mereka. Menyapa teman ataupun saudara akan membuat Anda lebih bersemangat.

Dengan melakukan video call pada teman atau saudara, Anda bisa saling dukung dari jauh. Juga bisa melepaskan rindu berkumpul dengan mereka.

Jika keluarga beraada di kampung, jangan lupa untuk memberitahu mereka tentang bahaya virus corona, sehingga keluarga tercinta bisa lebih menjaga diri. Terutama untuk keluarga yang sudah berusia lanjut atau lansia.

2. Mendengarkan Musik atau Podcast Favorit

Mendengarkan Musik atau Podcast Favorit

Podcast saat ini menjadi salah satu platform yang sedang naik daun. Banyaknya orang yang berdiam diri di rumah, ternyata memicu kreatifitas untuk membuat konten menarik lewat aplikasi tersebut.

Karena itu, tema Podcast saat ini pun beragam, mulai dari komedi, sastra, kedokteran, keluarga, dan masih banyak lagi tema-tema seru yang bisa kamu dengarkan sesuai keinginan dan minat.

Banyaknya tema yang dipilih, tentu tidak akan membuat Anda bosan ketika mendengarkan podcast seharian. Dan hal itulah yang bisa membuat Anda terhibur ketika sedang berada di rumah.

Manfaat mendengarkan podcast sendiri bisa mengubah Anda yang jenuh menjadi teralihkan. Terlebih, Anda bisa lebih fokus mendengarkan apa yang dibicarakan di podcast tersebut

Agar semakin terhibur, maka pilihlah podcast yang bertema ringan, seperti misalnya podcast-podcast komedi, keluarga, kesehatan mental, dan yang lainnya.

Ataupun memilih tema podcast yang sedang trend, seperti tentang tema cara mengatur keuangan saat pandemi oleh Raditya Dika. Atau jika kamu butuh mendengarkan persoalan parenting, kamu bisa coba dengarkan podcast Nycta Gina dan Kinos.

Selain podcast, Anda pun bisa dengarkan musik favorit sambil minum kopi dan ngobrol bareng pasangan atau anggota keluarga lainnya. Buatlah waktu bersama keluarga menjadi lebih berkesan dengan iringan lagu favorit kalian.

Dijamin deh, walaupun sudah 3 bulan kerja dan berkegiatan di rumah Anda tetap bisa enjoy dan tidak mudah stres.

3. Melakukan Kegiatan Baru di Setiap Harinya

Melakukan Kegiatan Baru di Setiap Harinya

Melakukan hal yang sama setiap hari pasti sangat membosankan. Maka dari itu, ubahlah pola hidup selama di rumah dengan melakukan hal yang berbeda setiap harinya.

Misalnya hari pertama kamu mulai hari dengan olahraga, memandikan kucing, jalan-jalan keliling komplek, mencoba resep baru, bersih-bersih rumah, dan lain sebagainya.

Begitupun dengan hari berikutnya, lakukan sesuatu yang belum pernah dilakukan sebelumnya Misalnya membuat kue kering untuk cemilan anak-anak dan suami selama WFH.

Mengganti kegiatan baru setiap hari adalah salah satu alternatif menghibur diri saat harus tetap di rumah. Anda pun tidak akan pernah bosan dan pastikan selalu bahwa Anda melakukan hal yang berbeda sehingga hidup Anda tidak monoton.

4. Membuat Targetan Baru Setiap Minggunya

Membuat Targetan Baru Setiap Minggunya

Agar lebih produktif, buatlah targetan baru setiap minggunya agar hari-hari Anda bisa lebih berwarna, lebih bisa menghargai waktu, dan juga lebih bermanfaat untuk diri sendiri maupun orang lain.

Misalnya Anda bisa membuat jadwal mingguan untuk bisa langsing dan sehat, yaitu dengan cara berolahraga.

Untuk pekan selanjutnya ubah targetnya, misalnya mencoba resep-resep masakan baru atau bisa juga mendekor ulang ruangan kerja agar tidak bosan.

Atau, jika Anda suka menulis, coba untuk membuat target menulis setiap hari dalam satu minggu, minggu selanjutnya diisi dengan membaca, atau sebaliknya. Cara itu bisa membuat tulisan kamu semakin bagus loh.

Dengan membuat targetan tersebut, banyak hal baru yang bisa kamu lakukan. Dan target-target baru yang bisa dicapai, asalkan konsisten mengerjakannya.

5. Menonton Film

Menonton Film

Selain televisi, banyak sekali tempat nonton film yang bisa Anda akses dengan mudah hari ini. Seperti melalui, Viu, Vidio, Netflix dan masih banyak lagi.

Daripada nonton berita yang semakin hari membuat stres bertambah, lebih baik nonton film dengan berbagai genre yang Anda sukai setiap harinya.

Jika suka drama Korea, sekaranglah waktunya nonton drama Korea yang jumlahnya berepisode-episode itu. Dijamin bosan Anda akan hilang selama di rumah.

6. Membuat Target Membaca Buku

Membuat Target Membaca Buku

Membaca buku juga bisa menjadi penghibur diri yang tepat saat di rumah. Buku yang Anda baca tidak harus buku-buku bertema berat. Anda bisa memilih bacaan seperti komik, novel cinta, atau buku apapun yang disukai.

Jika Anda mempunyai buku-buku yang sudah dibeli dan belum sempat dibaca, inilah saatnya untuk membaca buku-buku tersebut.

Jika tidak sempat membeli buku baru, Anda bisa menggunakan platform gratis bacaan yang bisa diunduh dari smartphone.

Misalnya, Anda menyukai anime maka bisa mengunduh komik anime. Atau jika Anda menyukai baca Webtoon, aplikasinya bisa didapatkan di Playstore.

Jika Anda menyukai bacaan yang agak berat, bisa mengunduh iPusnas, disana banyak sekali bahan bacaan yang super lengkap. Bahkan, bisa meminjam bukunya selama 3 hari secara gratis.

7. Waktu yang Tepat untuk Berolahraga

Waktu yang Tepat untuk Berolahraga

Jika Anda biasa bangun subuh, masak, berangkat kerja dan tidak punya waktu merawat diri seperti olahraga, sekaranglah saat yang tepat.

Olahraga di pagi hari akan memberikan efek yang sangat besar sepanjang hari. Selain itu, kesehatan tubuh Anda juga bisa terus terjaga dengan rutin berolahraga.

Beruntung jika Anda mempunyai halaman luas, bisa berolahraga dengan lari lari kecil setiap pagi. Atau senam pagi seminggu sekali dari video YouTube.

Zaman sekarang mencari instruktur olahraga tidak harus ke gym, kamu bisa nonton YouTube dan mencari instruktur yang tepat buat Anda. Banyak sekali instruktur olahraga yang terkenal mengunggah video mereka di YouTube dan bisa diikuti banyak orang.

Olahraga adalah cara terbaik menghibur diri saat harus tetap di rumah. Karena dengan olahraga selain membuat tubuh sehat juga bisa menghilangkan stress saat di rumah.

8. Mencoba Resep Masakan Baru

Mencoba Resep Masakan Baru

Saat membuka Facebook, YouTube atau Instagram, pernahkah Anda melihat video masak, kemudian alam hati bergumam “ah, kalau santai nanti saya bakal coba masakan ini”.

Jika pernah, sekarang lah waktunya Anda mengeksekusi resep makanan yang sudah pernah Anda lihat dan simpan.

Jika tidak biasa memasak, cobalah masakan dengan berbahan dasar yang sederhana terlebih dahulu. Dan naikan level kesulitannya setiap hari. Jangan heran, jika nanti level memasakmu bakal meningkat drastis.

Jika masih bingung mau mengawali dari mana, Anda bisa mencobanya dari masakan favorit seperti misalnya Pizza. Atau masakan favorit keluarga agar ia juga tidak merasa bosan dengan masakan yang itu-itu saja.

Memasak memang alternatif menghibur diri saat harus tetap di rumah yang cukup efektif bagi siapapun yang suka sekali memasak.

9. Nostlagia dengan Permainan Masa Kecil

Nostlagia dengan Permainan Masa Kecil

Tidak ada salahnya saat sudah bosan di rumah, cobalah hiburan lain dengan memainkan permainan masa kecil, seperti puzzle, main monopoli atau mencoba kembali main kartu Uno.

Selain menghangatkan suasana di rumah, permainan di atas juga bisa mengasah konsentrasi Anda. Dan tentu saja main game adalah killing time yang paling sempurna.

Jika memiliki anak kecil, cobalah ajak mereka main permainan tradisional pada zamanmu. Di jamin mereka juga tidak akan bosan dan akan lebih betah saat di rumah.

Ajak anggota keluarga untuk bekerjasama mengajarkan permainan tradisional pada anak-anak, karena permainan tradisional sangat bagus untuk perkembangan mereka.

10. Bersih-Bersih

Bersih-Bersih

Untuk Anda yang tidak terbiasa diam di rumah pasti juga tidak punya banyak waktu merapikan barang-barang di rumah. Nah, sekaranglah waktu yang tepat untuk bisa merapikan barang-barang di rumah.

Diam di rumah selama pandemi bisa menjadi waktu yang tepat buat kamu bersih-bersih rumah. Bersih-bersih rumah tidak hanya cuci piring, ngepel, nyetrika, masih banyak hal yang bisa dilakukan agar tidak bosan di rumah.

Misalnya, Anda bisa membersihkan debu-debu yang sudah tebal di lemari pakaian. Atau bahkan membersihkan setiap sudut rak sepatu yang ternyata sudah kotor. Jangan lupa juga bersihkan tempat penyimpanan koleksi tas kamu.

Bereskan juga barang-barang yang menumpuk, karena seperti diungkapkan Marie Kondo alangkah indahnya punya rumah tanpa tumpukan barang.

Anda juga punya waktu untuk memilah-milah baju yang sudah tidak digunakan agar isi lemari bisa lebih longgar.

Mengubah posisi kamar juga bisa menghilangkan bosan dan mendapatkan suasana baru yang membuat betah di rumah.

Kegiatan bersih-bersih seperti itu akan membuat hari kamu berlalu tanpa terasa. Sehingga rasa bosan di rumah tidak akan mengganggumu lagi.

Baca juga :

Penutup

Itulah 10 alternatif menghibur diri saat harus tetap di rumah. Dengan tips di atas, Anda bisa terus menjaga kesehatan mental dan bisa kembali bekerja dengan segar bugar saat pandemi covid-19 berakhir.

Bagaimanapun bosannya tinggal di rumah, Anda harus bertahan untuk tidak keluar rumah. Karena jika kamu melanggarnya, yang rugi bukan hanya diri kita. Tetapi tenaga medis yang sedang berjuang menyembuhkan para pasien yang positif Corona.

Semoga artikel di atas bisa menghilangkan rasa bosan selama di rumah. Jangan lupa cuci tangan setiap melakukan aktivitas apapun.

Bersama keluarga saling menguatkan satu sama lain agar bisa keluar dari wabah ini.