10 Cara Menjadi Wanita Tangguh dan Mandiri

Sosok wanita kerap kali digambarkan dengan anggun, lemah, manja. Secara fisik pun pasti sudah banyak yang mengetahui bahwa pria fisiknya lebih kuat dari wanita.

Walaupun begitu, bukan berarti seorang wanita selalu lemah dan tidak berdaya, karena realitanya banyak wanita tangguh dan mandiri di dunia yang telah berhasil mengubah kehidupan.

Sifat tersebut lahir karena tuntutan peran atau keadaan yang dihadapinya memang mengharuskannya untuk menjadi tangguh dan mandiri.

Selain hal tersebut, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjadi tangguh dan mandiri, seperti yang akan diulas dibawah ini!

Langkah-Langkah Menjadi Wanita Tangguh dan Mandiri

1. Menjaga Kesehatan

Jangan berpikir untuk mandiri terlebih dahuu, jika poin pertama ini tidak dilakukan.

Pasalnya, Kesehatan adalah segalanya karena jika hal ini diabaikan Anda tidak akan bisa untuk mandiri.

Ketika sakit melanda, tentu saja memerlukan bantuan orang lain untuk disisi Anda.

Jika hari ini Anda merasa sehat dan baik-baik saja, alangkah baiknya untuk mensyukuri Kesehatan tersebut dengan menjaganya dengan baik.

Hal yang perlu dilakukan adalah berolahraga kemudian menjaga asupan makanan yang bergizi pada tubuh Anda dengan memperbanyak sayuran dan buah-buahan.

Fisik yang kuat tentunya akan mampu melakukan berbagai aktivitas yang diinginkan.

2. Melatih Diri dengan Sabar dan Syukur

Cara berikutnya agar bisa menjadi wanita tangguh dan mandiri adalah dengan sabar dan syukur.

Ada pepatah yang mengatakan, Jika ditimpa sebuah musibah atau masalah maka bersabarlah dan jika diberikan kenikmatan atau anugerah makan bersyukur atas hal tersebut.

Dengan bersikap sabar ketika menghadapi masalah, disanalah letak Anda untuk belajar tangguh dan mandiri ketika harus menghadapi persoalan.

Adapun rasa syukur tersebut akan menjadikan Anda sebagai orang yang selalu tidak mengeluh dan manja dalam kondisi apapun.

Agar mempermudah Anda untuk bisa mempraktekkan rasa syukur dan sabar, bisa dimulai ketika bangun tidur, list kembali apa saja nikmat yang telah Tuhan berikan saat Anda mulai membuka mata.

Selain itu, ketika Anda akan tidur coba list atau evaluasi  kembali hal-hal yang telah dilakukan. Bila ada masalah yang harus dihadapi bersikaplah sabar akan hal tersebut.

3. Traveling

Saat Anda membaca poin ini mungkin akan bertanya-tanya, apakah hubungannya traveling dengan menjadi wanita tangguh dan mandiri?

Jelas ada dan tanpa disadari ketika melakukan traveling ada ‘’pesan’’ yang tersirat untuk menjadikan Anda wanita tangguh dan mandiri.

Misalnya,

Saat Anda menyiapkan peralatan yang dibutuhkan untuk traveling. Pasti akan tangguh dan mandiri mengurus segala sesuatu mulai dari keperluan sendiri maupun orang lain.

Kemudian, jarak tempat traveling tentunya akan memakan waktu yang lama dan selama diperjalanan menuntut Anda untuk ‘’berdamai’’ dengan situasi yang ada dan menikmati hal tersebut.

Selanjutnya, melatih Anda untuk bisa bersosialisasi dengan orang lain terlebih jika menghadapi kendala di lapangan tentu saja memerlukan sifat tangguh dan mandiri untuk menghadapinya.

Jadi, makna traveling sendiri sering bukan hanya untuk menghamburkan uang atau melepas rasa penat setelah Anda bekerja keras. 

Tetapi, terbukti bisa menjadikan Anda wanita tangguh saat sebelum pergi dan sesudah melakukannya.

Cobalah tantang diri untuk melakukan hal tersebut, karena banyak manfaat dan pelajaran hidup yang bisa diambil.

4. Upgarde Diri dan Pengetahuan

Cara berikutnya yang bisa dilakukan untuk menjadi wanita tangguh dan mandiri adalah dengan mengupgrade diri dan pengetahuan.

Mustahil rasanya Anda bisa menjadi wanita tangguh dan mandiri jika harus tertutup pada hal-hal yang seharusnya dipelajari.

Karena tangguh dan mandiri tersebut lahir ketika memang menghadapi ‘’level’’ masalah yang lebih tinggi dari sebelumnya.

Oleh karena itu, agar Anda siap menghadapi berbagai rintangan yang perlu dilakukan adalah mengupgrade diri dengan melakukan atau mengembangkan skill yang dimiliki.

Selain itu, bisa pula dengan memperbanyak baca buku-buku berkualitas sesuai kebutuhan.

Jangan tutup diri Anda untuk bergaul dengan banyak orang, karena pengalamannya bisa ‘’ditiru’’.

Semakin banyak pengetahuan yang dimiliki, maka semakin besar pula peluang Anda untuk menjadi wanita tangguh dan mandiri.

Jangan malu untuk belajar apapun, karena tidak ada kata terlambat bagi seseorang yang ingin terus belajar.

5. Jangan Mudah Marah dan Tersinggung

Cara berikutnya untuk bisa menjadi wanita tangguh dan mandiri adalah tidak mudah marah dan tersinggung.

Marah dan tersinggung adalah emosi yang kerap selalu ada pada wanita hingga ia dijuluki wanita lemah.

Pada dasarnya perasaan tersebut adalah manusiawi dan setiap orang pernah mengalami hal tersebut.

Apalagi, jika menjelang haid, perasaan marah yang tidak jelas dan cepat tersinggung tersebut selalu dialami setiap wanita.

Oleh karena itu, ketika ada orang yang mengkritik atau mungkin menyindir Anda dengan halus jangan terlalu cepat ‘’berekasi’’.

Sebaiknya cerna dan dengarkan baik-baik hal tersebut seperti halnya pil yang pahit.

Boleh jadi, kritik atau sindiran tersebut bisa membuka jalan bagi Anda untuk berubah lebih baik.

Karena kritikan pada dasarnya lebih baik daripada ribuan pujian yang akan membuat Anda lalai.

Jika ada orang yang langsung menghina Anda, sebaiknya balas dengan cara cerdas dan elegan. Tidak perlu menggunakan cara yang sama.

Dengan begitu, Anda sedang proses menjadi pribadi yang tangguh dan mandiri.

6. Mencintai Diri Sendiri

Sebelum Anda memutuskan untuk mencintai orang lain, alangkah lebih baik untuk mencintai diri sendiri terlebih dahulu.

Hal tersebut bisa dimulai dengan merawat jasmani maupun rohani Anda agar nanti bisa mencerminkan sosok wanita tangguh dan mandiri.

Artinya ketika Anda mulai peduli terhadap diri sendiri, maka segala tindakan yang dilakukan adalah atas kesadaran diri sendiri.

Selain itu, Anda berhak menentukan mana yang akan dan tidak dilakukan. Dan yang lebih dahsyat lagi, Anda berhak menentukan kebahagian diri sendiri.

Karena pada dasarnya seseorang yang mencintai orang lain akan mati-matian melindungi dan menyayangi.

Begitupula ketika Anda menyanyangi diri sendiri, tentunya akan rela melakukan untuk nantinya bisa menjadi wanita yang tangguh dan mandiri.

Contoh kecil yang bisa Anda lakukan agar tangguh dan mandiri adalah dengan;

  • Memperhatikan perawatan tubuh Anda dari mulai ujung rambut sampai ujung kaki
  • Memilih berteman dengan orang-orang satu frekuensi dengan Anda
  • Memilih dan memutuskan apakah akan bekerja atau membangun usaha sendiri.

7. Berbahagia Tanpa Membandingkannya dengan Oran Lain

Cara untuk menjadi wanita tangguh dan mandiri adalah dengan bahagia atau mencari kebahagian sendiri tanpa membandingkannya dengan kebahagiaan orang lain.

Karena kerap seseorang tidak bisa move on atau berkembang adalah terlalu sibuk melihat kebahagiaan orang, sedangkan kebahagiaan diri sendiri abai untuk dilakukan.

Pada dasarnya kebahagiaan itu Anda yang menciptakan dan ada dalam diri sendiri.

Jika terus-terusan membandingkannya dengan orang lain belum tentu bisa menggapinya atau bisa jadi dapat melebihi kebahagiaan orang lain.

Maka dari itu, coba cek kembali apa-apa saja yang selalu membuat Anda bahagia serta bagaimana mewujudkan kebahagian tersebut.

Bahagia ini perlu dilakukan karena untuk mencapai sifat tangguh dan mandiri tidak selalu  dengan kesedihan dan air mata saja. 

Mulai sekarang berhenti untuk membandingkan diri dan orang lain mulailah bergegas menggapai kebahagiaan sendiri.

8. Keluar dari Zona Nyaman

Cara untuk menjadikan Anda wanita tangguh dan mandiri adalah dengan keluar dari zona nyaman.

Tetapi, maksud keluar dari zona nyaman bukan berarti melakukan sesuatu yang tidak masuk akal dan berbahaya.

Melainkan mengerjakan atau melakukan sesuatu yang sebelumnya belum pernah Anda lakukan dan tidak ‘’akrab’’ dengan hal tersebut.

Contohnya, jika Anda hobi menulis, maka bisa mengembangkan hobi tersebut menjadi sumber penghasilan utama Anda.

Yaitu, selain menulis buku Anda bisa mencoba ranah bisnis publishing dimana Anda membuat penerbitan sendiri dan memasarkan buku-buku Anda dengan label penerbitan sendiri.

Tentunya, hal tersebut akan membuat Anda berpikir lebih jauh dan luas guna bisa menyukseskan bisnis yang Anda garap sendiri.

Keluar dari zona nyaman tersebut akan merangsang diri untuk tangguh dan mandiri.

Artinya jadikan keluar dari zona nyaman tersebut sebagai ajang untuk melatih diri lebih baik lagi dari sebelumnya.

Bisa atau tidak melakukannya, setidaknya Anda sudah mencoba dan bisa jadi timbul ide-ide lain yang menjadikan akan lebih tangguh.

9. Tidak Mengandalkan Orang Lain

Wanita tangguh dan mandiri pasti yang akan terlintas adalah sosok wanita yang apapun dikerjakannya bisa dilakukan sendiri tanpa mengandalkan orang lain.

Tetapi, pernyataan di atas jangan dijadikan sebagai pernyataan tidak membutuhkan orang lain melainkan jangan terlalu bergantung pada orang lain selagi bisa dikerjakan sendiri.

Memang, pada dasarnya perlu untuk bersosialisasi dan bergaul dengan banyak orang. Namun, bukan berarti mereka harus ada selama 24 jam menemani Anda.

Mulai hari ini, belajar untuk mandiri dan tangguh tanpa terus-terusan meminta bantuan orang lain.

Contohnya, jangan pernah mengharapkan orang lain untuk selalu membantu Anda atau memberikan sesuatu.

Selagi jiwa raga masih kuat dan sehat berusahalah untuk memenuhi kebutuhan diri sendiri.

Mulai sekarang, belajarlah untuk bersikap mandiri. Apapun itu, jika Anda mampu maka kerjakanlah sendiri. Jangan terus meminta bantuan orang lain.

Jika terus mengantungkan hidup pada orang lain, suatu hari nanti jika tidak bersama orang-orang tersebut akan kesulitan menghadapi kehidupan yang sesungguhnya.

10. Yakin dengan Kemampuan Diri Sendiri

Cara berikutnya yang bisa Anda lakukan untuk menjadi wanita tangguh dan mandiri adalah dengan yakin sepenuhnya atas kemampuan diri sendiri.

Ketika Anda mampu untuk mengatasi permasalahan hidup, bisa dipastikan akan mudah untuk menjadi wanita tangguh dan mandiri.

Beda halnya dengan tidak ada keyakinan dalam diri hingga Anda minder dan ragu pastinya tidak akan berani untuk melangkah pada level yang lebih tinggi dan tidak akan mampu berkembang lebih baik lagi.

Maka dari itu, bersikaplah percaya diri untuk melakukan sesuatu dimana Anda yakin bisa melakukannya dengan baik.

Wajar bila harus mengalami kegagalan karena manusia memiliki kekurangan dan kelebihan.

Yang patut untuk dilakukan adalah tidak menyerah dan percaya diri atas apa yang akan Anda kerjakan.

Dengan begitu, Anda layak untuk mendapatkan predikat tangguh dan mandiri.

Penutup

Bagaimana ladies, Anda siap untuk mempraktekkan setiap cara-cara di atas? Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda. Sukses selalu.

Baca juga: 10 Cara Menjaga Hubungan Baik Dengan Teman