10 Cara Menjadi Orang Sabar dan Ikhlas dalam Menghadapi Masalah

Cara menjadi orang sabar dan ikhlas. Setiap manusia yang hidup di dunia pasti tidak terlepas dari yang namanya masalah. Masalah tersebut menyebabkan efek yang berbeda pada setiap orang. Ada yang menjadi kuat, ada pula yang menjadi lemah.

Namun, yang terpenting ketika menghadapi masalah sikap kita sebagai manusia adalah bersabar dan ikhlas akan hal tersebut.

Sayangnya, kedua sikap tersebut belum bisa dilakukan oleh setiap manusia hanya bisa diucapkan sulit untuk dilakukan secara langsung.

Walaupun sulit untuk dilakukan, tetaplah setiap manusia harus berusaha untuk bersikap sabar dan ikhlas karena segala sesuatu adalah kehendak Yang Maha Kuasa dan boleh jadi dari masalah tersebut kehidupan Anda bisa lebih baik dari sebelumnya.

Maka dari itu, jika saat ini Anda masih sulit untuk bersikap sabar dan ikhlas berikut akan kami paparkan pembahasannya mengenai cara menjadi orang sabar dan ikhlas dalam menghadapi masalah. Yuk, simak bersama di bawah ini!

1. Perbaiki Niat Sebelum Melakukan Sesuatu

cara menjadi sabar dan ikhlas

Rasulullah SAW bersabda:

“Amal itu tergantung niatnya, dan seseorang hanya mendapatkan sesuai niatnya. Barang siapa yang hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya, dan barang siapa yang hijrahnya karena dunia atau karena wanita yang hendak dinikahinya, maka hijrahnya itu sesuai ke mana ia hijrah.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Dari Hadits di atas bisa diambil hikmah, bahwasannya jika niat kita melakukan sesuatu karena Allah, maka akan sampai pada niat tersebut dan Allah akan meberikan kemudahan atau jalan keluar dari apa yang dihadapi.

Baca juga : 10 Cara Menghilangkan Stres dengan Cepat dan Mudah

Tentunya apapun yang diniatkan karena Allah akan mendapatkan pahala di dunia dan juga di akhirat.

Sebaliknya, jika niat tersebut karena orang lain apalagi untuk menarik perhatian orang lain, maka pahala yang didapat hanya untuk di dunia saja dan hanya untuk yang Anda tuju saja yang biasanya bersifat duniawi.

Jika Anda ingin menjadi orang yang sabar dan ikhlas ketika menghadapi masalah yang pertama kali dilakukan adalah perbaiki niat tersebut hanya karena Allah bukan karena manusia ataupun niat jahat lainnya yang terlintas dalam pikiran Anda.

Insya Allah dengan mengazzamkan niat karena Allah perlahan-lahan Anda bisa menjadi orang sabar dan ikhlas.

2. Selalu Berpikir Positif

Salah satu cara untuk bisa menjadi orang sabar dan ikhlas adalah dengan selalu berpikir positif.

Hal ini sangatlah diperlukan karena berdasarkan penelitian perilaku buruk ituk terjadi karena otak pun berpikiran negatif.

Baca juga : 10 Cara Meredam Emosi Diri Saat Anda Marah

Jika sudah berpikir negatif, maka akan sangat mudah untuk berperilaku buruk, emosi berlebihan, dan menimbulkan stress.

Sikap dan pikiran negatif yang dilakukan berulang-ulang akan menjauhkan Anda dari sikap sabar dan ikhlas.

Maka dari itu, mulailah untuk melatih diri berpikir positif terhadap segala seustau yang dikerjakan dan juga dipikirkan.

Dari terbiasa melatih cara berpikir demikian, maka akan melahirkan sikap sabar dan ikhlas apabila sesuatu yang Anda harapkan belum terwujud sesuai rencana dan harapan.

3. Yakin dan Percaya Setiap Pebuatan Akan Dibalas oleh Allah SWT

Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrahpun, niscaya dia akan melihat. Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan sebesar dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya pula. Q.S. Al-Zalzalah ayat 7-8)

Maha Suci Allah dengan segala Firman-Nya yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad SAW. Karena dengan begitu, kita semua tahu apa yang dilakukan di dunia ini tidak ada yang sia-sia, walaupun yang dikerjakan itu baik dan buruk pasti akan ada balasan setimpal yang diterimanya.

Dari ayat di atas juga mengisyaratkan bahwasannya manusia harus sabar dan ikhlas ketika menghadapi masalah. Tidak perlu berambisi untuk balas dendam terhadap sesuatu yang tidak disenangi.

Allah SWT tahu apa yang dihadapi setiap hambanya. Maka tugas kita semua ada taat dalam kesabaran dan juga keikhlasan.

Seiring dengan berjalannya waktu, seseorang yang pernah dzalim atau pernah berbuat baik pada kita pun akan mendapatkan balasan yang setimpal.

4. Berkumpul dengan Orang-orang yang Baik

Mulai dari sekarang, sudah waktunya Anda memilih teman atau sahabat yang memang bisa membawa pada kebaikan.

Jika lingkungan yang dipilih sudah benar-benar kondusif akan dengan mudah untuk menjadi orang sabar dan ikhlas.

Lain halnya jika terus-menerus berteman dengan orang yang pemarah, iri hati, dengki, putus asa, dan sebagainya.

Karena lingkungan pun sangat berpengaruh membentuk pribadi dan cara pandang seseorang.

Hal tersebut bukan berarti membeda-bedakan teman, namun fitrahnya seseorang itu memang akan berkumpul dengan orang-orang yang nyaman dan juga satu frekuensi.

Bahkan, dari orang-orang yang memiliki akhlak baik tersebut Anda bisa belajar tentang sabar dan ikhlas.

Lalu, bagaimana memilih dan berkumpul dengan orang-orang yang baik tersebut?

Tentunya sangat mudah, Anda bisa masuk pada komunitas-komunitas positif yang memang membuat nyaman. Dan fitrah setiap manusia adalah kepada kebaikan.

Pastinya ketika berinteraksi akan tahu dan menyadari mana orang yang memang baik dan juga sebaliknya.

5. Bersyukur Atas Apa yang Dimiliki

Cara berikutnya untuk bisa menjadi orang yang sabar dan ikhlas adalah jangan lupa bersyukur atas apa yang dimiliki.

Hal ini sangat penting karena terkadang setiap individu lebih fokus mengeluhkan apa-apa yang menjadi kekurangannya.

Baca juga : 10 Cara Menjadi Diri Sendiri dan Apa Adanya

Padahal, Allah SWT tanpa disadari olehnya sudah banyak memberikan kenikmatan di dunia ini.

Dengan banyak bersyukur pun akan lebih mudah menerima apa yang terjadi pada kehidupan Anda, baik atau buruk.

Agar tidak sering mengeluh dan lebih banyak bersyukur, mudah sekali caranya yaitu setiap bangun atau sebelum tidur tulislah nikmat apa saja yang telah Anda lalui di hari itu.

Tuliskan rasa syukur itu sebanyak-banyaknya dan lakukan berulang-ulang setiap harinya.

Bila telah menjadi kebiasaan, temukanlah perubahan pada hidup Anda. Pastinya Anda akan lebih sabar dan ikhlas dalam menghadapi masalah yang datang.

6. Mengingat Tujuan Hidup di Dunia

Untuk bisa menjadi orang sabar dan ikhlas cara berikutnya yang bisa dilakukan adalah mengingat tujuan hidup di dunia.

Hidup di dunia ini hanya sementara. Allah SWT menyeru pada setiap hambaNya untuk memperbanyak ibadah di dunia sebagai bekal di akhirat kelak.

Maka dari itu, tak ada gunanya untuk larut dalam kesedihan apalagi putus asa menghadapi permasalahan di dunia.

Ketika masalah datang menghampiri, Allah SWT pun meminta hambaNya untuk shalat dan sabar.

Karenanya sudah jelas bukan, perbanyaklah ibadah untuk bisa berinterkasi dengan Allah SWT. Kemudian bersabar untuk bisa mencapai tujuan hidup sesungguhnya.

Dengan mengingat tujuan hidup di dunia, justru lebih memudahkan Anda untuk bisa bersabar dan beribadah pada Allah SWT. Karena Anda sudah mengetahui hakekat hidup di dunia yang sebenarnya.

7. Mengambil Hikmah dari Masalah yang Dihadapi

Ketika Anda menghadapi suatu masalah yang begitu membuat emosi Anda bergejolak, maka jangan terlalu larut dalam kesedihan tetapi sebisa mungkin untuk bisa mengambil hikmah dari masalah tersebut.

Semakin Anda pintar mengambil hikmah dari masalah yang dihadapi maka bisa membentuk pribadi yang sabar dan ikhlas.

Emosi yang ditimbulkan dari masalah tersebut sangatlah manusiawi untuk dirasakan seperti sedih, marah, kesal, dan lain sebagainya.

Namun segerala intropeksi diri, boleh jadi masalah tersebut juga dikarenakan karena ketidak hati-hatian Anda dalam bersikap sehingga menimbulkan masalah tersebut.

Sebagai contoh, misalnya di tahun ini Anda harus kehilangan pekerjaan padahal disisi lain Anda sedang butuh uang untuk memenuhi kebutuhan keluarga.

Secara manusiawai akan bereaksi sedih maupun kesal. Namun, Anda harus paham bahwasannya boleh jadi ada pekerjaan lain yang lebih layak untuk Anda dibandingkan pekerjaan tersebut.

Tugas Anda adalah bersabar, ikhlas, serta ikhitar untuk bisa mendapatkan yang lebih baik, sebagaimana perkataan Ibnu Qoyim ;

“Fokuskanlah pikiranmu untuk memikirkan apapun yang diperintahkan Allah kepadamu. Jangan menyibukkannya dengan rezeki yang sudah dijamin untukmu. Karena rezeki dan ajal adalah dua hal yang sudah dijamin, selama masih ada sisa ajal, rezeki pasti datang. Jika Allah -dengan hikmahNya- berkehendak menutup salah satu jalan rezekimu, Dia pasti –dengan rahmatNya- membukan jalan lain yang lebih bermanfaat bagimu”.

8. Mendekatkan Diri Pada Allah SWT

Cara berikutnya untuk bisa menjadi orang sabar dan ikhlas adalah dengan mendekatkan diri pada Allah SWT.

Mustahil rasanya bila tanpa mendekatkan diri pada Allah SWT Anda bisa menjadi orang sabar dan Ikhlas .

Karena sejatinya orang seperti itu, sudah paham tentang Takdir dariNya, sehingga menerima apa yang telah ditetapkan olehNya.

Untuk bisa sampai pada tahap tersebut tentunya harus terus mendekatkan diri padaNya. Caranya dengan melakukan apa yang Allah perintahkan serta menjauhi LaranganNya.

Jika saat ini Anda mampu untuk mengupgrade ilmu yang bersifat duniawi, maka harus siap dan mau juga mengupgrade ilmu dalam agama.

Kerjakan rukun islam, basahi mulut dengan dzikir serta lantunan ayat suci Al-Qur’an, ajaklah kaki Anda melangkah kepada majelis-majelis ilmu.

9. Mengontrol Emosi

Masih sulitnya menjadi orang sabar dan ikhlas berbanding lurus dengan sulitnya untuk mengontrol emosi.

Maka dari itu, Anda harus belajar untuk bisa mengontrol emosi dimulai dari seringnya membaca istighfar dan juga berdzikir.

Selain itu, jika emosi makin meledak, Rasulullah SAW pun telah mencontohkan pada ummatnya dengan cara seperti ini;

Apabila kalian marah, dan dia dalam posisi berdiri, hendaknya dia duduk. Karena dengan itu marahnya bisa hilang. Jika belum juga hilang, hendak dia mengambil posisi tidur. (HR. Ahmad 21348, Abu Daud 4782 dan perawinya dinilai shahih oleh SyuaibAl-Arnauth).

Dari hadits di atas bisa dilihat bahwa pentingnya untuk mengontrol emosi agar bisa menjadi insan yang sabar dan ikhlas.

10. Menjadi Seseorang yang Pemaaf

Cara berikutnya untuk bisa menjadi orang yang sabar dan ikhlas adalah dengan menjadi seseorang yang pemaaf. Maafkan orang-orang yang telah menyakit Anda baik itu teman, keluarga, sahabat atau pasangan Anda.

Dengan menjadi orang pemaaf, akan mudah membentuk pribadi yang sabar dan ikhlas. Karena hakekatnya, memaafkan ini bisa membuat hati tenang dan damai.

Baca juga : 10 Tips Terbaik Agar Anda Menjadi Rajin Shalat 5 Waktu

Alangkah indahnya bila hidupa tanpa adanya musuh, dendam, iri, dan penyakit hati lainnya.

Memaafkan memang tidak mudah, tapi percayalah setelah itu Anda bisa menjadi insan yang bebas dan hidup dalam kedamaian.

Penutup

Yuk, mulai sekarang cobalah untuk mengubah diri dengan mempraktekkan ke 10 cara di atas untuk bisa menjadi orang yang sabar dan ikhlas. Semoga bermanfaat.