10 Cara Menjadi Ibu Rumah Tangga yang Baik

Setiap wanita yang sudah menikah, pasti menginginkan dan mengusahakan untuk menjadi ibu rumah tangga yang baik.

Namun, pada kenyataannya menjadi ibu rumah tangga itu tidak semudah membalikkan telapak tangan mengingat pekerjaannya hampir dilakukan 24 jam yang terkadang cukup menguras emosi.

Walaupun sudah berusaha melaksankan kewajibannya selama 24 jam penuh, ada beberapa ibu rumah tangga yang belum percaya diri atau merasa belum menjadi ibu rumah tangga yang baik.

Di lapangan sendiri tidak ada standar operasional atau SOP yang diberlakukan untuk ibu rumah tangga. Semua melakukannya dengan melihat, mencontoh, bahkan ada juga yang melakukannya secara otodidak.

Tetapi, jika Anda masih penasaran dengan cara untuk menjadi ibu rumah tangga yang baik, berikut akan kami paparkan ulasannya di bawah ini.

1. Bisa Mengontrol Emosi

Bisa Mengontrol Emosi

Seperti yang diketahui bersama, menjadi ibu rumah tangga bukan hal yang mudah, apalagi bagi ibu muda. Permasalahan yang kerapkali dihadapi sang ibu muda adalah pengontrolan emosi. Masalah kontrol emosi memang bukan hanya jadi masalah ibu muda saja, tidak sedikit yang sudah lama menikah pun punya masalah kontrol emosi.

Apalagi ketika menghadapi kondisi dimana anak sedang rewel, masak belum selesai, suami malas-malasan, otomatis mereka yang belum mampu mengontrol emosi akan merasa kewalahan bahkan bisa sampai marah-marah.

Untuk itu, agar bisa menjadi ibu yang baik Anda harus pandai mengontrol emosi. Karena tidak mungkin menghadapi setiap kekesalah kepada anak dengan cara marah-marah. Anda juga tidak mungkin setiap hari memarahi suami yang sembarangan menyimpan sepatu atau melakukan sesuatu yang menjengkelkan.

Ketika Anda berusaha menahan emosi dalam setiap permasalahan yang dihadapi, bukan tidak mungkin suasana rumah akan tenang dan damai.

Jadi Mengontrol emosi itu adalah hal yang paling penting dimiliki oleh ibu rumah tangga. Karena tidak sedikit pasangan yang memilih untuk cerai, karena pasangan yang tidak bisa menahan emosi.

2. Menjadi Pendengar yang Baik

Menjadi Pendengar yang Baik

Menjadi pendengar yang baik di rumah adalah hal yang wajib dilakukan oleh seorang ibu. Jika Anda belum terbiasa melakukan hal itu, maka sekarang waktunya bunda mengubah itu semua.

Dengarkan celoteh anak-anak bunda yang baru belajar ngobrol. Atau si kakak yang sudah beranjak puber. Ibu yang bisa menjadi pendengar yang baik, anaknya tidak akan curhat ke orang yang salah.

Dan yang paling penting juga, jangan pernah mengacuhkan suami yang suka bercerita. Suami yang suka bercerita kepada istri menandakan bahwa sangat nyaman bercerita dengan bunda. Jadi, jangan biarkan kenyamanan itu pindah pada tempat yang salah.

Tetaplah menjadi pendengar yang baik, walaupun Anda dalam keadaan lelah jangan abaikan curhatan anak-anak dan suami. Karena kunci jadi ibu yang baik adalah harus bersabar.

3. Membiasakan untuk Bangun Pagi dengan penuh Semangat

Membiasakan untuk Bangun Pagi dengan penuh Semangat

Bangun pagi adalah cara orang sukses menjalani hidup. Dengan bangun pagi tubuh dan pikiran akan terus terkoneksi dengan hal-hal yang positif.

Anda yang terbiasa bangun pagi pun selain membuat badan dan pikiran sehat, tentunya akan akan menjadi contoh positif bagi anak-anaknya kelak.

Selain itu, bangun pagi, bunda akan melakukan banyak hal dengan lebih bersemangat. Seperti membereskan pekerjaan rumah, masak, menyiapkan sarapan untuk si kecil, dan banyak hal lain yamg bisa bunda kerjakan jika bangun pagi.

Jika pekerjaan rumah sudah selesai, bunda bisa melakukan aktifitas lain seperti mengerjakan hobi yang disukai, silahturahim dengan sahabat lama, atau menyapa tetangga Anda.

Agar badan lebih segar, jangan lupa mandi pagi. Sedikit makeup di pagi hari untuk menyambut suami yang baru bangun tidur akan membuat hari bunda semakin menyenangkan.

4. Mempercantik Diri dengan Cara Sederhana

Mempercantik Diri dengan Cara Sederhana

Setelah menikah, waktu Anda akan dihabiskan untuk mengurusi urusan rumahtangga. Meskipun begitu, Anda harus tetap tampil cantik dimana merawat dirinya tidak perlu biaya mahal tapi bisa dengan cara sederhana dan alami.

Pasalnya, Menjadi cantik itu keharusan, bukan hanya untuk gadis tetapi juga ibu rumah tangga. Jangan sampai saat suami pulang wajah masih berminyak dan bau bawang ya. Pastikan untuk stay fresh saat suami pulang kerja.

Mungkin banyak yang merasakan kalau stay fresh di rumah itu sulit. Tetapi sentuhan makeup tipis sudah bisa membuat Anda terlihat cantik loh.

Selain itu, Anda bisa gunakan bahan-bahan alami untuk masker wajah dan perawatan lainnya. Misalnya, tomat, mentimun, ampas kopi, madu, dan lain sebagainya.

Jangan lupa untuk tetap konsumsi sayuran dan buah-buahan untuk mencegah penuaan dini.

5. Membuat Jadwal Kegiatan Yang Harus Dilakukan

Membuat Jadwal Kegiatan Yang Harus Dilakukan

Meskipun di rumah bukan berarti Anda tidak harus punya jadwal sehari-hari. Agar segala pekerjaanbisa dikerjakan btepat waktu dan tidak malas-malasan, maka buatlah jadwal yang harus dilakukan di rumah.

Seperti halnya kantor, buat list hal-hal yang hatus dilakukan agar hidup Anda menjadi lebih teratur dan bersemangat.

Dalam list yang Anda buat, jangan lupa untuk menyisipkan me time agar bisa melakukan hobi yang tertunda. Seperti misalnya melakukan yoga, ngumpul dengan ibu-ibu arisan, berbagi resep dengan ibu-ibu komplek, dan masih banyak lagi

Cara ini bisa efektif agar tidak buang-buang waktu dengan percuma. Selain itu, Anda juga bisa belajar disiplin dan konsisten. Jarang loh ibu rumah tangga yang bisa kaya gini, maka Anda harus menjadi orang pertama yang melakukannya.

6. Mengizinkan Suami Aktif di Luar Rumah

Mengizinkan Suami Aktif di Luar Rumah

Jika suami sudah mampu memprioritaskan keluarganya daripada apapun, berikan ia reward untuk tetap melakukan hobinya di luar rumah.

Dukunglah suami Anda agar bisa menyenangkan dirinya sendiri si luar rumah. Cara ini akan membantunya bisa istirahat dari pekerjaannya yang tidak kalah melelahkan.

Seperti misalnya, suami suka sekali badmunton. Berikan waktu untuk ia bisa keluar bermain badminton bersama kawannya. Tidak usah selalu minta dikabari saat suami di rumah, biarkan sejenak dia bernafas dari rutinitasnya.

Memberikan waktu luang untuknya dengan hal-hal yang Ia sukai, akan membuat suami Anda merasa bangga karena memiliki istri yang pengertian. Selain itu, melakukan hobi juga akan menghilangkan stres.

7. Memasak Makanan yang Sehat untuk Anggota Keluarga

Memasak Makanan yang Sehat

Cara berikutnya untuk menjadi ibu rumah tangga yang baik adalah mampu memberikan makanan sehat bagi keluarga. Makanan sehat itu sangat penting apalagi untuk anak-anak. Tumbuh kembang anak akan bergantung pada apa yang mereka konsumsi.

Dengan mengkonsumsi makanan sehat, keluarga bunda akan jauh dari berbagai macam penyakit. Selain itu, makanan sehat juga berpengaruh pada produktifitas keluarga.

Bagaimana tidak, jika anak sakit karena makanan yang tidak sehat, yang repot bukan hanya Anda tetapi juga suami.

Jika sudah begitu, pekerjaan suami pun akan terbengkalai. Memang anak adalah tanggung jawab bersama, tetapi disini seorang istri bisa berikhtiar dan memastikan seluruh anggotanya sehat

Makanan sehat tidak harus yang mahal, banyak sayuran yang murah meriah di pasar dengan harga yang sangat terjangkau. Ibu cerdas pasti akan selalu memberikan asupan makanan yang baik untuk keluarganya.

8. Biasakan Berolahraga Dengan Teratur Walaupun Hanya Sebentar

Biasakan Berolahraga Dengan Teratur

Bagaimanapun sibuknya mengurus rumah tangga, ibu rumah tangga yang baik tidak akan pernah meninggalkan olahraga. Olahraga sangat penting bagi kesehatan tubuh dan juga mental.

Sisipkan waktu luang untuk setidaknya stretching di pagi hari agar otot-otot badan Anda tetap lentur. Maka dari itu Anda harus bisa bangun pagi agar bisa juga meluangkan waktu untuk berolahraga.

Contoh lain yang bisa dilakukan adalah dengan lari-lari kecil di rumah, meregangkan otot, atau olahraga ringan di pagi hari selama 15 menit setiap hari atau 3 hari dalam seminggu.

Olahraga akan membuat tubuh selalu fit, dan berat badanpun bisa tetap terjaga. Sehingga jangan heran kalau Anda bisa konsisten berolahraga, suami tidak akan bisa berpaling dari istri yang super sehat dan cantik.

Jangan lupa untuk ajak suami dan anak-anak berolahraga di luar. Meskipun hanya seminggu sekali, olahraga di luar bareng keluarga akan membuat hubungan bunda dengan keluarga makin erat.

9. Melatih Diri untuk Tetap Berpikir Positif

Melatih Diri untuk Tetap Berpikir Positif

Kunci menjadi ibu rumah tangga yang bahagia adalah berpikir positif serta Kunci ketentraman sebuah rumah tangga adalah berpikir positif pula.

Berlatih berpikir positif sama halnya dengan latihan nyanyi, semakin dilatih maka suara bunda akan lebih bagus. Begitupun dengan berpikir positif, membiasakan diri untuk melakukan hal tersebut akan mempengaruhi cara pandang terhadap sesuatu.

Dampak lain yang ditimbulkan dari hal tersebut, bunda akan bisa menciptakan lingkungan yang bahagia. Karena output yang bunda berikan kepada keluarga juga akan memberikan efek yang sangat bagus.

Anak-anak yang dibesarkan di lingkungan keluarga yang selalu berpikir positif, akan memiliki jiwa yang optimis.

10. Berlatih Untuk Selalu Bersyukur

Berlatih Untuk Selalu Bersyukur

Kadangkala Anda akan dihadapkan dengan berbagai macam masalah, baik masalah keluarga ataupun masalah di kerjaan. Tetapi Anda harus ingat, bahwa sesulit yang dilakukan harus tetap disyukuri.

Coba Anda buat coretan sebelum tidur. Tulislah hal-hal yang sudah dilakukan kemudian syukuri hal tersebut Dengan begitu, Anda akan terlatih menjadi orang yang pandai untuk bersyukur.

Jika Anda pandai melihat hal-hal kecil sebagai hal yang bisa disyukuri, hati pun akan selalu tenang dan sebesar apapun masalah yang dihadapi akan mampu dihadapidengan kuat, tenang, dan ikhlas.

Baca juga :

Penutup

Sosok ibu adalah panutan bagi anak-anak generasi bangsa. Oleh karena itu, berusahalah untuk mencoba hal-hal yang terbaik agar bisa menjadi contoh untuk buah hati.

Memang Menjadi ibu yang baik bukanlah hal yang mudah, tetapi dengan banyak Latihan, bersabar, dan mencari ilmu lebih luas lagi, Anda akan terbiasa dengan hal tersebut.

Menjadi ibu yang baik adalah sebuah proses belajar terus menerus. Jangan pernah menyerah untuk menjadi ibu yang baik, karena jika konsisten semuanya pasti akan membuahkan hasil yang manis.

Ketika Anda memutuskan untuk menikah, perlu disiapkan mental bahwa menikah bukan seperti dongeng yang hidup Bahagia selamanya. Melainkan, Anda dan pasangan harus tetap berjuang.

Itulah 10 cara menjadi ibu yang baik yang bisa kami bagikan untuk bunda. Semoga pembahasan ini bisa bermanfaat untuk para ibu yang selalu ingin belajar menjadi ibu yang baik.