10 Cara Menjadi Diri Sendiri dan Apa Adanya

Bagaimana perasaan Anda jika harus dipaksa atau berpura-pura menjadi sosok lain yang bertentangan dengan diri? Merasa nyaman atau sebaliknya?

Ya, boleh jadi Anda tidak akan nyaman dan juga bahagia karena menjadi orang lain. Terkadang bila hal tersebut dilakuan terus-menerus akan membuat diri lelah serta tidak semangat menjalani hidup.

Walaupun Anda pintar untuk menutupi hal itu semua, tetap saja akan ada masa dimana harus kembali menjadi pribadi yang sesungguhnya.

Terkadang bersikap seperti itu dipengaruhi oleh lingkungan sekitar agar mudah diterima. Padahal, setiap orang memiliki ciri khasnya masing-masing dan juga perbedaan yang harus dimengerti serta dihormati orang lain.

Maka dari itu, untuk bisa menjadi diri sendiri dan apa adanya perlu dilakukan cara berikut ini;

1. Mensyukuri Apa yang Anda Miliki

car menjadi diri sendiri

Cara pertama untuk bisa menjadi diri sendiri adalah dengan mensyukuri apa yang dimiliki. Karena dengan mensyukuri bentuk rasa terima kasih Anda pada Tuhan Yang Maha Esa apapun kelebihan dan kekurangan yang dimiliki.

Tidak dipungkiri banyak orang yang lebih menginginkan ‘’rumput tetangga’’ karena dianggap lebih baik sehingga lupa untuk mensyukuri yang dimiliki.

Oleh karena itu, berlatih untuk selalu mensyukuri apa yang telah Tuhan berikan pada Anda.

Cara melatih rasa syukur pun cukup mudah, yaitu setiap pagi selepas bangun tidur atau menjelang tidur, ingat-ingat kembali nikmat atau karunia apa saja yang telah didapatkan.

Ucapakan atau tuliskan rasa syukur tersebut sebanyak-banyaknya sampai tidak ada ruang untuk mengeluh. Lakukan hal tersebut setiap hari dengan begitu Anda pun akan selalu menjadi diri sendiri yang apa adanya.

2. Menerima Diri Sendiri Apa Adanya

Jika Anda selama ini menjadi orang lain karena tidak puas dengan diri sendiri, maka sekaranglah waktu yang tepat untuk mengakhirinya.

Anda telah menemukan halaman artikel yang pas untuk bisa mengembalikan diri pada pribadi yang sebenarnya.

Setelah mensyukuri apa yang Tuhan berikan pada Anda, sekarang waktu yang tepat pula untuk bisa menerima diri sendiri apa adanya.

Menerima diri sendiri apa adanya berarti tidak ada lagi keluhan, marah, malu bila Anda tidak memiliki atau mendapatkan sesuatu yang diinginkan.

Yakinlah bahwa Tuhan menciptakan atau memberikan hal tersebut ada kebaikan tersembunyi didalamnya.

Setelah Anda menerima diri sendiri apa adanya, orang lain pun akan senang dan mau menerima Anda yang apa adanya tersebut.

3. Kenali Diri Sendiri

Salah satu alasan ingin menjadi orang lain dikarenakan belum mengenal diri sendiri. Biasanya terlalu sibuk mecari tahu tentang orang lain untuk bisa ditiru oleh diri sendiri.

Menjadikan seseorang sebagi motivator Anda memanglah bagus, tetapi tidak semua sifat atau perilakunya bisa atau cocok dengan Anda.

Boleh jadi ketika Anda sudah mengenal diri sendiri, sifat atau perilaku Anda lebih istimewa dari orang lain.

Untuk bisa mengenal diri sendiri, luangkanlah waktu untuk bisa merenungkan siapa diri Anda. Dimulai dari sifat baik dan buruk yang dimiliki serta prestasi atau pencapaian yang sudah pernah dilakukan.

Merenungkanlah hal ini tentunya tidak bisa dilakukan satu atau dua kali, namun lakukanlah berkali-kali sampai Anda paham tentang diri sendiri.

Boleh jadi, diluaran sana ada orang yang ingin menjadi diri Anda, namun Anda sendiri hanya ingin atau sibuk menjadi orang lain.

4. Dengarkan dan Terima Saran Dari Orang Lain

Memang ada saatnya harus menutup telinga dari orang-orang yang hanya sok tahu tentang diri Anda. Namun, sikap ini tidak berlaku untuk orang-orang yang peduli terhadap diri Anda.

Jika memang orang tersebut peduli dan sarannya sangat masuk akal, maka dengarkan dan terima saran tersebut untuk perkembangan diri Anda.

Biasanya orang-orang yang peduli dan tidak akan menjatuhkan Anda tersebut seperti orang tua, adik-kakak, sahabat, dan orang-orang yang dikenal dekat.

Mereka akan memberikan nasihat yang sangat membangun dan bisa untuk memperbaiki diri sendiri walaupun kata-katanya terkadang cukup menyakitkan.

Dalam hal ini memang harus berpikir jernih dan jangan dipenuhi emosi. Tujuannya agar Anda bisa membedakan kata-kata yang pahit tapi bisa membangun pribadi dibandingkan kata-kata yang manis namun ternyata menjatuhkan Anda.

5. Tidak Membandingkan Diri Sendiri dengan Orang Lain

Perlu diingat dan direnungkan oleh Anda, bahwasanya manusia itu tidak ada yang sempurna. Setiap orang diciptakan dengan kelebihan dan kekurangannya.

Nah, ketika Anda menyukai kelebihan orang lain jangan lupakan pula kelebihan yang ada pada diri Anda.

Karena terkadang seseorang yang ingin menjadi diri sendiri tersebut hanya fokus pada kekurangan tidak mengembangkan kelebihan yang dimiliki.

Fokusnya Anda pada kelebihan orang lain tersebut, biasanya akan terpicu untuk membanding-bandingkan hidup Anda dengan orang tersebut.

Bila hal tersebut terus-terusan terjadi, hidup Anda tidak akan tenang bahkan sangat sulit untuk bisa menjadi diri sendiri.

Karenanya, fokus pada kelebihan Anda yang memang sekiranya bisa menjadi diri sendiri dan hidup lebih baik dari orang-orang yang Anda banggakan.

6. Peduli Terhadap Perkembangan yang Ada Dalam Diri

Selain memperhatikan perkembangan yang ada di sekitar Anda, sebaikanya perlu juga memperhatikan perkembangan yang ada dalam diri sendiri.

Jangan sampai karena terlalu sering memperhatikan orang lain membuat Anda kagum dan ingin meniru hal tersebut. Padahal, Perkembangan yang ada dalam diri pun memiliki keistimewaan yang lebih dari pada orang lain.

Tentunya agar bisa melihat perkembangan Anda tersebut, cara yang bisa dilakukan adalah mengurangi perasaan kagum pada orang tersebut.

Luangkan waktu untuk melihat perkembangan diri yang memang bisa dibanggakan dan juga dikembangkan lebih baik lagi.

Mengurangi perasaan kagum tersebut, waktu yang tepat untuk bisa mengevaluasi diri serta belajar hal-hal lain yang lebih bermanfaat untuk diri Anda di masa sekarang dan di masa yang akan datang.

Karena itu, yuk mulai dari sekarang untuk melist perkembangan apa saja yang telah Anda lalui. Serta hal apa saja yang ingin Anda lakukan agar nyaman menjadi diri sendiri dan apa adanya.

7. Jangan Lupakan Kebahagianmu

Bahagia menjadi diri sendiri

Salah satu alasan seseorang ingin menjadi orang lain karena merasa dirinya tidak pernah meraih kebahagiaan.

Padahal jika mau merenungkan sejenak, kebahagiaan itu sebenarnya dekat bahkan sudah pernah dirasakan hanya saja sering Anda lupakan dan memilih kebahagiaan lain yang ternyata semu.

Sekarang cobalah mengingat-ingat kembali kebahagian apa sajakah yang pernah Anda dapatkan. Apakah untuk mendapatkan kebahagiaan tersebut diperlukan perjuangan yang berliku?

Jika Anda sudah tahu jawabannya, catat dan ingat-ingat baik akan kebahagiaan tersebut karena secara tidak sadar dan tidak dirasa bahwa kebahagiaan tersebut telah membantu Anda untuk menjadi diri sendiri dan apa adanya.

Tidak mungkin seseorang yang hidup di dunia tidak pernah mendapatkan kebahagiaan. Kebahagiaan itu sebenarnya sangat sederhana dan setiap orang memiliki standar yang berbeda pula untuk meraih kebahagiaan.

8. Jangan Malu Mengatakan Kekurangan Anda pada Orang Lain

Cara berikutnya untuk bisa menjadi diri sendiri adalah dengan tidak malu mengatakan kekurangan Anda pada orang lain.

Biasanya dengan berani berkata jujur akan memudahkan Anda untuk begerak dan bergaul dengan siapapun yang memang mau menerima Anda apa adanya.

Tentunya mengakui kekurangan diri akan lebih baik dari pada berlagak sok tahu atau membesar-besarkan kelebihan yang dimiliki padahal Anda tidak memiliki kelebihan tersebut.

Justru bila seseorang pandai menghargai maka kekurangan tersebut bisa berbalik menjadi kelebihan di mata orang lain.

Dengan bersikap seperti ini juga Anda bisa melihat seseorang yang tulus dan masih peduli untuk bisa membantu orang lain untuk berkembang dengan baik.

Jika Anda sudah menemukan orang tersebut, maka jangan pernah lepas. Jaga terus kekerabatan tersebut hingga bisa saling menerima kekurangan masing-masing.

Cara ini juga berlaku untuk Anda yang memang mencari pasangan hidup. Jika orang tersebut mau menerima Anda apa adanya, maka jadikanlah ia teman hidup Anda.

9. Tidak Fokus Pada Impian yang Akan Dicapai

Setiap orang sejatinya memiliki keinginan dan impian yang ingin dicapai, betul?

Hanya saja karena impian dan tujuan tersebut sulit untuk dicapai seringkali diri ini terpengaruh oleh orang lain sehingga memilih jalan pintas yang tanpa sadar sudah mengubah Anda menjadi orang lain.

Sekali lagi ditekankan, boleh saja Anda melihat dan menjadikan orang lain sebagai motivator Anda, tetapi apakah Anda dengan menjadi orang lain merasa bahagia? Apakah Anda tidak lelah menjadi orang lain?

Jika Anda menjawab pada perasaan yang membuat Anda tidak nyaman, maka segera hentikan hal tersebut dan fokuslah pada apa yang ingin Anda tuju.

Terkadang kesuksesan orang lain tidak bisa Anda tiru sepenuhnya, semua tergantung situasi dan pribadi masing-masing.

Maka dari itu, jadilah diri sendiri dengan fokus pada apa yang ingin Anda capai.

Tentunya bila Anda sukses mencapai impian dengan cara sendiri aka nada perasaan bangga, haru, dan percaya diri dibandingkan harus mengikuti kesuksesan orang lain yang ternyata belum tentu cocok dengan hidup Anda.

10. Berani Tampil Berbeda

Cara berikutnya untuk bisa menjadi diri sendiri adalah berani tampil beda. Biasanya seseorang yang lebih memilih menjadi orang lain dikarenakan dihantui masa lalu yang menurutnya kurang baik sehingga pesimis dengan masa depan yang ingin diraih.

Perlu diketahui, setiap orang memiliki masa lalu, entah itu masa lalu baik maupun buruk. Jika dirasa kurang baik, maka sudah saatnya untuk berani tampil berbeda dari masa lalu.

Jadikan masa lalu Anda sebagai ajuan untuk berani tampil beda di masa sekarang dan juga masa depan.

Jika masa lalu Anda banyak meniru orang lain yang ternyata belum terbukti membuat Anda sukses, maka sekaranglah saatnya untuk mau berani tampil beda menjadi diri sendiri yang apa adanya.

Jangan takut akan penilain dari orang lain, karena Tuhan akan pasti akan mengirimkan orang-orang baik untuk mau menerima Anda apa adanya.

Penutup

Tentunya Anda akan menjadi orang yang bebas tanpa beban namun terarah. Segala yang dilakukan pun akan sesuai dengan keinginan sehingga Anda bisa mudah mencapai apa yang diinginkan.

Yuk, saatnya untuk mengubah diri menjadi diri sendiri yang apa adanya tanpa dibuat-buat.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda yang ingin mengubah diri.