10 Cara Menghilangkan Stres dengan Cepat dan Mudah

Semua orang yang hidup di dunia pasti tidak terlepas dari masalah. Masalah yang dihadapi pun beragam, mulai dari hal terkecil maupun masalah besar.

Tentunya ketika menghadapi suatu masalah, sikap kita adalah hadapi dan selesaikan. Jika seseorang memiliki mental yang kuat jelas akan tahu bagaimana menghadapi masalah tersebut.

Namun jika memiliki mental lemah, bukan tidak mungkin akan menyerah menghadapi masalah tersebut sehingga membuatnya stress.

Stres sendiri merupakan ketegangan secara psikis dan fisik ketika mendapatkan tekanan baik dari luar maupun diri sendiri. Tentunya akan sangat berbahaya bila dibiarkan dan dipelihara begitu saja karena akan mempengaruhi kehidupan Anda.

Maka dari itu, ketika Anda tahu sedang dalam kondisi stress, pilihan yang bisa dilakukannya adalah menghilangkan stress tersebut.

Uniknya, setiap orang akan memiliki cara yang berbeda untuk menghilangkan stress ini. Nah, jika Anda saat ini sedang mengalami stress dan masih bingung cara untuk menghilangkannya. Berikut akan dipaparkan mengenai cara menghilangkan stress dengan cepat dan mudah.

Karenanya, pastikan Anda membaca setiap cara di artikel halaman website ini!

1. Mendekatkan Diri pada Tuhan Yang Maha Esa

Cara menghilangkan stres dengan mudah

Berdasarkan penelitian yang dilansir dari Huffington Post, seseorang yang lebih mendekatkan diri pada Tuhannya atau dalam arti lebih relijius dalam menghadapi berbagai masalah kehidupan, justru akan lebih mampu mengatasi stress lebih cepat, serta mereka pun akan selalu merasa sehat dan lebih sejahtera.

Baca juga : 10 Cara Meredam Emosi Diri Saat Anda Marah

Hal tersebut dikarenkan karena seseorang yang relijius akan selalu terkoneksi dengan Tuhannya. Contoh seseorang yang beragama Islam, pasti akan melaksanakan shalat 5 kali dalam sehari.

Jelas dalam shalat tersebut adalah waktunya seseorang untuk ‘’berkomunikasi’’ langsung dengan Allah Subhanahu wa ta’ala. Selepas shalat pun hati dan pikiran merasa tenang seolah tidak ada masalah yang sedang dihadapi.

Tetapi dari seringnya beribadah tersebut semakin menambah keyakinan bahwa masalah itu sebenarnya kecil dan Allah SWT akan senantiasa membantu hamba-hambanya lewat apapun yang dikehendakinya.

Maka dari itu, ketika Anda dihadapi dengan suatu masalah dan menyebabkan stress, katakanlah dengan lantang ‘’ Hai masalah, aku punya Allah yang Maha Besar pasti akan selalu memberikan jalan keluar yang terbaik.’’

2. Berolahraga

Cara berikutnya untuk bisa menghilangkan stress dengan cepat dan mudah adalah dengan berolahraga. Seseorang yang berolahraga bisa menghasilkan hormon endhorpin yang bisa membuat bahagia.

Bahkan penelitian yang dilakukan oleh Mental Health Foundation, organisasi kesehatan di Inggris menyatakan bahwa olahraga mampu mengobati depresi.

Nah, sudahkah Anda rutin berolahraga? Jika belum, mulailah untuk meruntinkan olahraga minimal 3 kali dalam seminggu dengan durasi 30 menit sampai 1 jam lamanya.

Jenis olahraga yang bisa dilakukan pun beragam, seperti sepak bola, basket, voli, bersepeda, jogging, atau renang yang ternyata sangat ampuh mencegah stress selain juga bermanfaat untuk paru-paru serta jantung.

Jika Anda ingin olahraga yang cukup menantang, bisa memilih olahraga panjat tebing atau mendaki gunung karena sangat ampuh pula untuk bisa membuat jernih pikiran Anda.

Namun jika Anda terlalu sibuk, bisa melakukan olahraga jogging atau fitness. Selain badan sehat Anda pun bisa bertemu dengan orang-orang baru.

3. Melakukan Relaksasi

Cara lain untuk bisa menghilangkan stress dengan cepat dan mudah adalah dengan melakukan relaksasi. Relaksasi ini beragam jenisnya dan bia dipilih sesuai yang diinginkan.

Tapi yang pasti, tujuan relaksasi ini adalah untuk mengurangi ketegangan emosional dan juga mental. Adapun relaksasi yang bisa Anda lakukan adalah sebagai berikut;

– Menghirup Nafas Dalam-Dalam

Angkat tangan Anda perlahan-perlahan sambil menarik nafas dalam-dalam. Setelah itu turunkan tangan Anda perlahan sambik mengeluarkan nafas perlahana-lahan. Lakukan sebanyak 10-15 kali hingga Anda merasa tenang.

– Berendam menggunakan Air Garam

Ada banyak manfaat yang bisa dirasakan dari berendam ini, apalagi jika Anda menggunakannya air garam. Salah satu manfaatnya bisa menghilangkan rasa lelah dan juga terbebas dari stress.

– Minum Teh Hijau

Apakah Anda pecinta teh? Jika iya, cobalah sesekali untuk mencoba mencicipi teh hijau yang rasanya pun tidak kalah enak dengan teh pada umunya.

Manfaat teh hijau itu sendiri adalah untuk mengurangi kadar kartisol dikarenakan kandungan tiamin pada teh hijau cukup banyak dan itulah yang membuat Anda menjadi tenang dan rileks.

– Pijat Refleksi

Selain itu melakukan ketiga relaksasi di atas, hal lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan pijat refleksi.

Pijat ini diperlukan dan sangat ampuh mengatasi stress dikarenakan otot-otot tubuh Anda menegang sehingga memang diperlukan untuk dipijat agar membaik dan kembali tenang.

Pijat refleksi ini sangat baik dilakuan sebulan sekali untuk menjaga kebugaran dan meminimalisir stress.

4. Menggambar atau Mewarnai

Cara berikutnya untuk bisa menghilangkan stress dengan cepat dan mudah adalah dengan menggambar atau mewarnai. Aktifitas tersebut berkembang dan menjadi tren dikalangan remaja serta dewasa yang dikenal dengan istilah doodling.

Bahkan di beberapa toko buku terbesar di Indonesia pun dijual buku doodling dimana isinya adalah gambar-gambar tidak beraturan yang tinggali diwarnai oleh Anda.

Walaupun gambarnya tidak beraturan dan cenderung abstrak ini memiliki manfaat untuk bisa menenangkan pikiran saat tertekan serta menghilangkan rasa gugup.

Bahan yang diperlukan untuk doodling pun cukup mudah didapatkan, yaitu pensil warna, crayon, spidol warna-warni, serta buku doodling itu sendiri yang bisa didapatkan di toko buku.

Ketika senggang atau akhir pekan cobalah untuk mewarnai buku tersebut. Kemudian, rasakan manfaatnya.

5. Perbanyak Minum Air Putih dan Tidur yang Cukup

Seringkah Anda minum minuman bersoda atau minuman sirup? Jika sering sebaiknya kurangi untuk mengkonsumsi minuman tersebut karena selain tidak baik untuk kesehatan juga bisa memicu timbulnya stress.

Alangkah lebih baik untuk menggantinya dengan minum air putih. Minumlah air putih sehari sebanyak 2 liter agar badan tidak lemas dan Anda bisa berpikir dengan tenang.

Berdasarkan penelitian, seseorang yang mengonsumsi air putih kurang dari 2 liter sangat berpotensi dehidrasi dan kehilangan konsentrasi.

Maka dari itu, minumlah air putih saat pagi hari, sebelum makan, siang hari, di sore hari, dan sebelum tidur.
Selain rutin minum air putih, jangan lupa untuk tidur yang cukup agar pikiran dan tubuh kembali tenang setelah diistirahtkan.

Diusahakan jangan tidur terlalu larut agar Anda bisa mendapatkan kualitas tidur yang baik, yaitu 7-8 jam per harinya.

Agar tidur Anda nyenyak, sebaiknya jauhkan dari barang-barang elektronik yang memang bisa menganggu kualitas tidur Anda.

Sebaiknya jangan makan atau minum yang bisa memicu tetap terjaga di malam hari.

6. Meluangkan Waktu Bersama Keluarga

Jika Anda stress bukan disebabkan masalah keluarga, alangkah lebih baik untuk bisa meluangkan waktu bersama keluarga terutama saat weekend atau liburan.

Hal ini perlu dilakukan karena keluarga adalah orang-orang terpenting serta yang paling tahu tentang segala sesuatu yang ada dalam diri Anda.

Meluangkan waktu bersama keluarga pun tidak perlu harus mengeluarkan biaya atau pergi ke suatu tempat. Tentunya, cukup dengan kegiatn bercengkrama di rumah, memasak bareng, menyalurkan hobi bareng, atau hanya berdiam diri di rumah pun sejatinya bisa membentuk bonding satu sama lain.

Tentunya, kegiatan yang dilakukan bersama keluarga tersebut bisa menghilangkan stress dengan cepat dan juga mudah.

Setiap senyum dan celoteh anak bisa membuat hati tenang dan melupakan sejenak dari segalam macam rutinitas. Manjanya istri atau suami juga bisa meningkatkan keharmonisan yang boleh jadi sudah lama tidak dilakukan.

Ingatlah selalu, keluarga adalah orang terdepan yang akan dengan sigap menerima Anda apapun kondisinya.

7. Mengerjakan Hobi yang Anda Sukai

Rasanya terlalu rugi bila Anda terus terkunkung dalam masalah yang bisa membuat Anda stress terus menerus.

Boleh jadi, stress tersebut dikarenakan Anda terlalu serius dan tegang menghadapi sesuatu sehingga lupa untuk mengerjakan hobi yang Anda sukai.

Maka dari itu, rileks sejenak dan luangkan waktu untuk mengerjakan hobi yang sempat tertunda.

Tentunya hobi dari setiap orang pun berbeda-beda, ada yang hobi makan, olahraga, jalan-jalan, nonton film, memancing, hiking, dan lain sebagainya.

Agar hobi tersebut bisa dijalankan secara rutin, ada baiknya untuk mencari komunitas sejenis yang bisa menyalurkan hobi tersebut.

Bila dilakukan secara rutin tentu akan bermanfaat ketenangan pikiran Anda serta sangat ampuh untuk menghindarkan diri dari stress.

8. Traveling

Jenuh dengan tempat tinggal Anda sekarang ? Tentunya akan lebih baik untuk keluar sejenak dari zona tersebut agar bisa menghirup udara baru di kota atau tempat lain.

Jenuh tersebut apabila terus dibiarkan bisa berpotensi membuat Anda stress. Maka dari itu, pergi atau travelinglah ke tempat lain yang bisa menenagkan pikiran dan hati Anda.

Di Indonesia sendiri banyak tempat-tempat menarik dan keren yang bisa Anda kunjungi seperti pantai, gunung, tempat sejarah, kuliner dan lain sebagainya.

Buatlah traveling tersebut senyaman mungkin sehingga Anda benar-benar menikmati liburan tersebut.

Ada baiknya pula untuk bisa traveling di tempat yang sejuk untuk bisa menenangkan pikiran dan hati Anda.

Bila perlu ajaklah keluarga, pasangan, atau sahabat yang bisa meningkatkan mood bosster Anda dan terhindar dari stress.

9. Makan Makanan yang Sehat

Jika saat ini Anda seringkali makan makanan yang tidak sehat sebaiknya berhenti dan beralihlah pada makanan yang sehat.

Berdasarkan penelitian, seseorang yang tidak terkontrol makanannya sangat berpotensi untuk terkena stress. Dibandingkan dengan seseorang yang makan makanan sehat atau dalam arti real food seperti buah-buahan dan sayuran yang dilansir dari beberapa website.

Maka dari itu, mulai sekarang pilihlah makanan yang bisa menghilangkan stress serta baik untuk kesehatan Anda.

Secara spesifik makanan yang bisa dkonsumsi adalah sebagai berikut;

  • Jeruk
  • Oatmeal
  • Darkchocolate
  • Alpukat
  • Salmon
  • Sayuran hijau
  • Kacang-kacangan dan lain sebagainya.

10. Curhat Kepada Orang Terdekat

Penyebab stress juga bisa disebabkan karena terlalu sering memendam masalah. Justru dengan semakin dipendam dan disimpan rapat-rapat semakin stress dan sangat mempengaruhi kesehatan Anda.

Baca juga : 10 Cara Menjadi Diri Sendiri dan Apa Adanya

Maka solusi yang bisa dilakukan adalah curhatlah kepada orang terdekat dan bisa dipercaya tentang masalah yang Anda hadapi.

Tidak ada salahnya melibatkan orang lain agar mereka pun bisa berpendapat dari sudut pandang lain. Dan boleh jadi, Pendapatnya tersebut bisa menjadi solusi untuk masalah Anda.

Nah, itulah dia ke 10 cara menghilangkan stress dengan cepat dan mudah. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda. Dan setelah mempraktekkan cara di atas maka katakanlah BYE BYE STRESS .