10 Cara Mencuri Perhatian Mertua Agar Disayang

Menikah tidak selamanya tentang Anda dan pasangan, melainkan masing-masing memiliki keluarga yang wajib disayangi dan dihormati, terutama kepada mertua.

Ketika dua insan menikah, bukan berarti mereka akan hidup senang bahagia selamanya seperti yang ada di dongeng, masing-masing pasangan biasanya akan menghadapi berbagai macam cobaan yang dilalui.

Entah itu karena faktor ekonomi, keturunan, bahkan diuji dengan hubungan antara menantu dan mertua.
Sudah menjadi rahasia bersama, bahwasannya selalu saja ada bentrok antara menantu dan mertua. Padahal , kedudukan mertua sama halnya dengan orang tua kandung sendiri dimana harus berbakti dan menghormatinya.

Tetapi, jika hari ini Anda belum bisa dekat dengan mertua dan ingin membahagiakannya seperti orang tua kandung sendiri, berikut akan kami paparkan 10 cara mencuri perhatian mertua agar disayang.
Dan Inilah ulasannya!

1. Berikan Perhatian kepada Mertua

Salah satu cara untuk mencuri perhatian mertua adalah memberikan perhatian kepada mertua.

Memberikan perhatian ini bisa mulai dari mengetahui apa-apa saja yang disukainya, baik itu makanan, warna baju, kebiasaan, tanggal ulang tahun, tanggal pernikahannya, dan lain sebagainya.

Contohnya, Ketika mertua Anda ulang tahun cobalah untuk memberikan barang-barang yang disukai atau yang sedang diperlukannya.

Selain itu, Ketika mertua Anda cerita, dengarkan dengan seksama dan berikan reaksi-reaksi antusiasi agar Ia merasa diperhatikan.

Untuk mengetahui kesukaannya, Anda bisa tanya langsung kepada pasangan , adik atau kakak ipar, atau memperhatikan langsung kebiasaan yang selalu dilakukannya.

Ketika dalam keadaan sulit seperti sakit atau membutuhkan bantuan Anda, sebaiknya temani dan penuhi keinginannya.

2. Jangan Membicarakan Keburukan Pasangan atau Mertua

Cara berikutnya agar disayang mertua adalah jangan membicarakan keburukan pasangan Anda kepada mertua.

Perlu diingat, setiap orang tua tidak akan rela anaknya dijelek-jelekan, apalagi oleh pasangan sendiri.

Alih-alih ingin dibela mertua, Anda bisa dituduh memfitnah pasangan sendiri dan mertua pun tidak akan bersikap ramah pada Anda.

Jangan pula membicarakan masalah keluarga pada mertua atau jika Anda memiliki media sosial sebaiknya tidak ditulis di media tersebut. Apalagi jika mertua bisa melihat langsung status tersebut.

Selain itu, jangan pula membicarakan keburukan mertua dan pasangan kepada orang lain.

Bila hal tersebut sampai pada telinga orang tua, bisa dipastikan hubungan Anda dengan mertua tidak akan harmonis.

Pada dasarnya, menceritakan keburukan atau aib orang lain tersebut tidak diperbolehkan. Karena ibaratnya seperti ‘’memakan bangkai saudara sendiri’’.

Maka dari itu, jika ingin akrab dengan mertua, ada baiknya bicarakan sesuatu yang berhubungan ‘’dunianya’’.

3. Memberitahu Keadaan atau Aktivitas Cucu pada Mertua

Jika Anda sudah memiliki anak, pastikan untuk selalu mengabarkan keadaan anak pada mertua.

Apalagi jika melibatkan mertua untuk acara-acara penting anak, seperti hari ulang tahunnya, acara kelulusan sekolah, dan lain sebagainya.

Jika Anda berada di tempat yang jauh dan tidak memungkinkan bertemu dengan mertua, maka kabarkan perkembangan cucunya lewat whatsapp atau sosial media dengan mengirimkan foto cucunya.

Mertua Anda akan senang karena merasa dihargai dan dilibatkan untuk memantau perkembangan cucunya.

Mereka pun sebenarnya tidak banyak tuntutan pada menantunya, hanya saja mereka selalu ingin dekat dengan cucunya walaupun hanya melihat lewat foto yang dikirimkan.

Sikap informatif tersebut bisa membuat mertua menyayangi Anda karena tahu apa yang diinginkan olehnya.

4. Tidak Ragu untuk Memberikan Bantuan

Cara berikutnya agar mertua sayang pada Anda adalah tidak ragu untuk memberikan bantuan yang bisa dilakukan.

Contoh kecil yang bisa dilakukan adalah dengan Ketika Anda sedang berada di rumah mertua dan melihat mertua sedang mengerjakan pekerjaan rumah tangga, maka segera ambil alih ‘’pekerjaan’’ tersebut untuk dikerjakan.

Jika mertua menolak, Anda bisa menawarkan diri untuk mengerjakan hal lainnya yang memang bisa dilakukan.

Hal tersebut juga berlaku untuk membantu mertua dalam menyelesaikan masalah lain yang dihadapinya.

Jika Anda memiliki sifat untuk selalu peduli dan tidak ragu memberikan bantuan, mertua pun tidak ‘’segan-segan’’ untuk menyayangi Anda seperti anaknya sendiri.

Dan mereka akan merasa beruntung memiliki menantu yang sesuai dengan kriteria yang boleh jadi sangat diharapkannya.

5. Berikan Quality Time Mertua dengan Pasangan

Ketika menikah, Anda dan pasangan pastinya akan selalu bersama. Apalagi jika memilih untuk tinggal di rumah sendiri, setiap hari pasti akan menghabiskan waktu dengan pasangan.

Nah, jika pasangan atau mertua ingin bertemu dan membuat quality time bersama, sebaiknya izinkan mereka untuk melakukan hal tersebut.

Karena boleh jadi pasangan atau mertua Anda saling rindu dan ingin mengulang waktu bersama seperti sebelum menikah.

Jika tidak diajak untuk quality time, sebaiknya jangan menawarkan diri, karena ketika Anda mengizinkan pasangan untuk melakukan hal tersebut, dimata mertua Anda adalah menantu yang pengertian.

Boleh jadi, mertua pun akan semakin sayang pada Anda.

Perlu diingat pula, seorang lelaki masih ada tanggung jawab pada ibunya. Sedangkan untuk perempuan, boleh jadi ayah kandungnya masih mengangap Ia sebagai puteri kecilnya yang sewaktu-waktu ingin menghabiskan waktu yang berharga tersebut.

6. Bersikap Jujur dan Apa Adanya

Cara Mencuri Perhatian Mertua Agar Disayang

Cara berikutnya untuk mencuri perhatian mertua agar disayang adalah dengan bersikap jujur dan apa adanya.

Apalagi, jika posisi Anda adalah calon menantu yang sedang diperkenalkan pasangan kepada calon mertua Anda.

Sangat penting untuk bersikap jujur dan apa adanya. Artinya, ceritakan dengan sejujurnya mengenai pribadi Anda, latar belakang keluarga, pekerjaan, hingga kebiasaan yang selalu dilakukan oleh keluarga.

Sikap jujur tersebut akan melekat kuat dalam ingatannya hingga bisa terbawa sampai Anda benar-benar menjadi menantunya.

Sebaiknya, tidak perlu melebih-lebihkan kondisi yang terjadi. Karena Ketika calon mertua Anda mengetahui hal tersebut adalah bohong, akan membuat Anda dan juga keluarga malu.

Otomatis mertua pun akan ‘’ilfeel’’ dengan hal tersebut.

Ketika sudah menikah pun, sebaiknya tetap bersikap jujur. Agar mertua tetap mempercayai dan menyayangi Anda.

7. Bersikap Hormat dan Sopan terhadap Mertua

Selain harus bersikap jujur dan bersikap seperti yang telah dijelaskan di atas, cara berikutnya untuk mencuri perhatian mertua agar tetap disayang adalah dengan bersikap hormat dan sopan.

Ya, sangat penting sikap tersebut harus ditunjukkan padanya mengingat mereka pun adalah orang tua kita sendiri.

Jika tidak menghormatinya, sama saja tidak menghormati dan menghargai pasangan sendiri.

Bersikap hormat dan sopan ini bukan berarti Anda harus bersikap lebay dan terlalu berlebihan.

Adapun sikap hormat dan sopan yang dimaksud adalah, mencium atau menjabat tangannya saat Anda datang ke rumah mertua atau sebaliknya. Berbicara lemah lembut dan tidak berkata kasar, tetap menjaga privasi mertua sekalipun mereka tinggal di rumah Anda.

Selebihnya, perlakukan mertua seperti halnya Anda hormat dan sopan pada orang tua sendiri.

8. Melakukan Aktivitas Bersama Mertua

Jika di poin sebelumnya Anda mengizinkan pasangan untuk melakukan quality time bersama mertua, pada poin ini lebih mengedepankan aktivitas Anda bersama mertua.

Artinya, sesekali bangun quality time bersama mertua dengan melakukan aktivitas yang sama-sama disukai atau sekedar menemami mertua melakukan hal-hal yang diinginkannya.

Sebagai contoh, jika mertua meminta Anda untuk menemaninya pergi ke sebuah undangan atau arisan, maka penuhilah keinginannya.

Setidaknya, Anda jadi mengetahui teman-teman dekat dari mertua Anda. Bahkan, biasanya dalam ajang tersebut adalah ajang memperkenalkan dan membanggakan menantu pada rekan-rekannya.

Tentu, bila mertua nyaman pergi bersama Anda, boleh jadi dikesempatan lain akan mengajak kembali untuk berpergian.

Selain aktivitas di atas, Anda pun bisa menemani mertua untuk mengerjakan hobi yang disenangi, seperti memasak, berkebun, shopping, pergi ke pengajian, atau melakukan aktivitas sosial.

Dari kegiatan tersebut, biasanya akan semakin mengenal satu sama lain dan boleh jadi mertua akan semakin menyayangi Anda.

9. Jalin Komunikasi yang Baik dengan Mertua

Bagi Anda yang tinggal berjauhan dengan mertuanya, artinya beda kota provinsi, atau negara, jangan khawatir akan hubungan Anda dengan mertua.

Jangan berpikir karena tinggal berjauhan, pastinya akan sulit pula mencuri perhatiannya.

Justru dari jarak yang jauh ini, ada alasan untuk bisa dekat dengannya, ayitu dengan tetapi menjalin komunikasi yang baik dengan mertua.

Manfaatkan fasilitas dan teknologi yang ada saat ini untuk bisa menjalin komunikasinya dengannya.

Misalnya, ‘’pedekate’’ dengan mertua soal resep masakan. Tanyakan resep masakan kesukaan pasangan Anda. Pasti, dengan senang hati ia akan memberikannya.

Selain itu, bisa pula sesekali menanyakan tips atau cara yang berhubungan dengan hobinya. Biasanya dari obrolan terus akan berlanjut pada topik lainnya yang tidak kalah seru dan menarik.

Atau bisa pula mengirimkan foto dan video cucunya. Perlihatkan padanya, tentang perkembangan cucunya dari waktu ke waktu karena mertua Anda akan senang dengan hal tersebut.

10. Memberikan Makanan atau Barang Kesukaannya

Ketika ada waktu untuk berkunjung ke rumah mertua jangan lupa membawakannya buah tangan.

Buah tangannya kesukaan atau yang menjadi favoritnya jika Anda berkunjung ke suatu tempat yang disukai mertua.

Selain makanan kesukaannya, perhatikan pula koleksi barang yang disukainya karena hal tersebut juga bisa Anda berikan Ketika hari ulang tahun atau hari ulang tahun perkawinannya tiba.

Seorang mertua yang diperhatikan kemudian diberikan hadiah yang berharga tentu akan membuatnya sangat terkesan.

Apalagi jika orang yang memberikan tersebut adalah menantunya sendiri, boleh jadi Anda akan disayang oleh mertua melebihi pada anaknya sendiri.

Ketika Mertua Tinggal Bersama Anda..

Jika harus tinggal bersama mertua pun, poin-poin di atas sangat berlaku untuk dilakukan.

Apalagi biasanya orang tua ingin turut ‘’mengasuh’’ cucunya sendiri. Sikap Anda dan pasangan sebaiknya jangan menghalangi tersebut. berikan kesempatan pada mertua untuk bisa mengurus cucunya sembari perlahan-lahan diberikan pengertian jika tidak ada yang sesuai.

Selain itu, jangan pernah menghalangi mertua untuk melakukan hal apapun Ketika di rumah Anda.

Jika hobinya memasak, berikan kesempatan padanya untuk berkreasi membuat makanan yang disukainya.

Boleh jadi di mata Anda hal tersebut terlihat merepotkan baginya. Tapi disisi lain, mertua Anda sangat menikmati hal tersebut, mengingat tidak ada kegiatan yang dilakukannya.

Bila Anda mengerti hal tersebut, mertua pun akan semakin sayang pada Anda karena menantunya sangat mengerti apa yang diinginkannya.

Penutup

Semoga pembahasan di atas bisa menjadi solusi yang baik untuk Anda. Semoga semakin harmonis dengan mertua. Selamat mempraktekkan.