10 Cara Sederhana Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga

Memiliki keluarga yang harmonis tentu akan sangat membahagiakan bagi setiap orang. Dengan keluarga yang harmonis, keluarga akan terasa hangat, keluarga akan tumbuh dengan baik dan saling berbagi satu sama lain.

Namun, seringkali keharmonisan suatu keluarga mengalami gangguan dari yang gangguan kecil, sedang hingga gangguan besar yang dapat menghancurkan sebuah keluarga.

Untuk mempertahankan keharmonisan suatu keluarga memang cukup sulit dan tidak mudah. Namun tak sedikit yang dapat bertahan untuk tetap mempertahankan keharmonisan keluarga mereka.

Sehingga dibutuhkan beberapa cara agar keharmnonisan suatu keluarga dapat bertahan.

Berikut ada 10 cara sederhana untuk menjaga keharmonisan rumah tangga kalian.

1. Saling Menghargai

Menjadi pasanagn yang saling menghargai

Dalam sebuah hubungan tentunya akan membutuhkan rasa saling menghargai satu sama lain sehingga menjadi salah satu syarat agar hubungan tetap harmonis.

Baca juga : 10 Cara Mempertahankan Hubungan Agar Langgeng Sampai Menikah

Rasa saling menghargai menjadi penting karena dengan adanya rasa saling menghargai menciptakan kekompakan satu sama lain.

Istri akan menghormati sang suami sebagai kepala keluarga dan menerima keputusan sang suami, sedang sang suami juga akan menerima pendapat dari sang istri dan memenuhi keinginannya, serta tidak memaksakan kehendaknya terhadap sang istri.

Sehingga sikap saling menghargai sangat diperlukan agar keharmonisan rumah tangga dapat terus bertahan.

2. Terus Terang

Berbohong kepada pasangan

Selanjutnya bersikap terus terang terhadap pasangan. Hal ini penting agar ketika terjadi sebuah masalah maka masalah tersebut dapat diselesaikan bersama. Karena jika tidak berterus terang maka akan sulit menyelesaikan masalah.

Apalagi jika suatu masalah yang terjadi malah disembunyikan. Hal tersebut dapat menjadi bom waktu yang suatu saat dapat meledak kapan saja dan akan menghancurkan keharmonisan sebuah keluarga yang telah dibangun.

3. Nikmati Waktu Bersama

luangkan waktu menikmati kebersamaan

Moment menghabiskan waktu bersama keluarga merupakan moment yang patut dikenang suatu hari nanti. Karena moment – moment tersebut tidak akan terulang lagi suatu hari nanti.

Oleh karena itu nikmati waktu Bersama keluarga selagi bisa. bersama anak dan istri meluangkan waktu sejenak untuk bersantai dari padatnya kesibukan dan aktivitas harian.

Menikmati waktu Bersama dapat dilakukan dengan melakukan liburan kesuatu tempat, berwisata atau bahkan hanya menghabiskan waktu menonton bersama dirumah.

Hal tersebut akan menjadi memori yang indah bagi keluarga juga sekaligus akan menjaga keharmonisan keluarga, apalagi jika dilakukan terus menerus dengan jangka waktu tertentu. Akan membuat keluarga tetap hangat dan akrab satu sama lain.

4. Menjaga Kepercayaan

Percayalah pada pasanagn anda

Sebuah rahasia yang dimiliki oleh pasangan kita tentu juga menjadi rahasia kita. Rahasia atau aib sebuah keluarga tentulah harus dijaga oleh masing – masing anggota keluarganya.

Maka saling menjaga kepercayaan sangat dibutuhkan agar tidak berdampak pada keharmonisan keluarga. Dengan saling menjaga kerahasiaan juga akan menambah rasa kepercayaan satu sama lain dan akan membuat keluarga tetap hangat dan harmonis.

Selain itu, menjaga kepercayaan juga tentang menjaga utuhnya rumah tangga. Jangan sampai orang ketiga akan hadir dan akan membuat keharmonisan suatu keluarga menjadi hancur. Maka jagalah kepercayaan pasangan kalian serta menjaga hubungan kalian agar tetap harmonis.

5. Mudah Memaafkan

Berikan maaf seluas-luasnya pada pasangan anda

Setiap orang tentulah memiliki kesalahan masing – masing. Karena melakukan kesalahan adalah hal yang wajar bagi manusia yang tak luput dari kesalahan. Kesalahan yang biasanya terjadi merupakan sesuatu yang tidak disengaja, namun jika terus dilakukan berulang kali terkadang akan sulit untuk dimaafkan.

Dalam sebuah keluarga memiliki sifat dan perilaku yang berbeda. Maka terkadang cara saling menyikapi juga akan berbeda. Namun cobalah untuk saling melapangkan kata maaf.

Walaupun kesalahan yang dilakukan pasangan telah sering dilakukan namun tetaplah untuk mudah memaafkan, selama itu merupakan bagian dari kesalahan seperti melupakan janji karena sibuk, terlambat pulang saat akan pergi bersama keluarga atau apapun.

Akan tetapi ketika kesalahan yang dilakukan berulang kali lewat dari batas itu seperti berselingkuh dan sebagainya maka keputusan yang diambil pun akan berbeda.

Maka mudahlah dalam memaafkan apalagi untuk hal – hal kecil dalam keluarga karena hal tersebut akan membantu menjaga keharmonisan keluarga kalian.

6. Memiliki Komunikasi yang Baik

Berkomunikasi yang baik dengan pasangan

Dalam sebuah hubngan rumah tangga pastilah diperlukan sebuah komunikasi. Hubungan tidak akan berjalan baik tanpa ada komunikasi. Ibarat pilot dan co-pilot yang menerbangkan sebuah pesawat, mereka membutuhkan komunikasi agar pesawat tersebut dapat terbang terkendali hingga sampai tujuan.

Begitupun dalam sebuah keluarga. Suami dan istri akan memerlukan komunikasi agar hubungan mereka tetap harmonis hingga nanti. Maka dari itu menjaga komunikasi merupakan hal yang penting dilakukan. Kamu dan pasanganmu harus menjalin komunikasi yang baik.

Baik saat sedang Bersama dirumah atau saat terpisah oleh jarak. Apalagi dengan kemajuan teknologi saat ini, komunikasi jarak jauh tetap dapat dilakukan dengan mudah sehingga komunikasi dapat tetap dilakukan.

Maka dari itu jalin komunikasi dengan baik agar kamu tetap mempertahankan keharmonisan rumah tanggamu.

7. Memenuhi Kebutuhan Lahir & Batin

Terpenuhi segala kebutuhan yang ada

Dalam sebuah hubungan rumah tangga, suami dan istri masing – masing memiliki hak dan kewajibannya. Memiliki tanggung jawab tersendiri.

Suami yang bertanggung jawab terhadap anak dan istri – mencari nafkah, istri yang bertanggung jawab terhadap urusan rumah tangga – mendidik anak, dan sebagainya.

Maka dari itu setiap pasangan wajib memenuhi hak dan kewajiban masing – masing. Utamanya bagi suami dan istri yang membangun hubungan rumah tangga mereka, harus saling memenuhi kebutuhan masing – masing baik lahir maupun batin, kepada pasangan maupun pada keluarga. Agar keharmonisan rumah tangga dapat terus bertahan.

8. Mensyukuri Apa yang Dimiliki

Bersyukur pada kehidupan dan harta yang dimiliki

Setiap orang pastilah memiliki kekurangan masing – masing. Sepertinya kalimat tersebut bukanlah lagi kalimat yang jarang terdengar ditelinga kita.

Kalimat tersebut sangat melekat dalam kehidupan sehari – hari kita. Maka pastilah juga hal tersebut bukanlah sesuatu yang asing dalam kehidupan rumah tangga.

Dari dua sifat yang berbeda dan melebur bersama tentulah bukan hal yang mudah dan akan menemukan banyak kerikil permasalahan.

Maka dari itu, dengan kekurangan yang dimiliki masing – masing pasangan tentulah kalian harus menerimanya juga. Namun sekedar menerima pun kalian harus bersabar utnuk menghadapinya.

Maka dari itu, cobalah untuk mensykurinya, mensyukuri apapun yang kamu miliki saat ini, dari memilikinya dan segala yang melekat padanya. Maka itu akan membuat bebanmu tentang perbedaan atau kekurangan yang dimilikinya akan berkurang.

Serta lihatlah kelebihan – kelebihan yang sebenarnya dimilikinya namun selama ini tidak terlalu kamu memperhatikannya. Hal itu akan membuatmu semakin menerimanya dan membuat hubungan kalian menjadi semakin harmonis.

9. Berfikir Positif!

berpikir positif

Jangan biarkan dirimu memiliki berbagai macam pikiran yang hanya akan membuatmu terbebani. Dengan berfikir positif maka akan membuat kamu mengurangi beban – beban pikiran yang biasanya mengganggumu dan membuatmu jadi merasa terbebani.

Hal itu dapat membuat mu merasa lebih ringan dalam mengurus rumah tangga yang kamu miliki. Sehingga akan membuat suasana keluarga semakin hangat dan akan mempertahankan keharmonisan rumah tangga.

10. Lakukan Hal – Hal yang Diselingi Canda dan Tawa Bersama

Sering seringlah bercanda dengan pasangan

Kegiatan yang dilakukan keluarga di waktu – waktu senggang seperti saat akhir pekan atau libur singkat merupakan kegiatan yang juga dapat dimanfaatkan sebuah keluarga agar keluarga tersebut tetap hangat dan akrab.

Misalnya seperti menemani anak bermain game atau bahkan turut serta bermain bersama, atau bahkan mengajaknya mencuci kendaraan atau ikut bersih – bersih rumah.

Nah selama Bersama keluarga menhgabiskan waktu dalam kegiatan apapun tersebut, cobalah untuk menyelipkan canda dan tawa bersama keluarga. Hal itu akan membuat hubungan keluargamu tetap harmonis.

Hal itu juga dapat dilakukan diwaktu singkat seperti saat sedang sarapan atau makan malam bersama. Kamu dapat menyelipkan candaan agar keluargamu merasa hangat dan betah untuk terus berada dirumah. Sehingga akan membuat keluarga tetap harmonis.

Penutup

Semoga artikel berjudul 10 Cara Sederhana Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga, dapat bermanfaat untuk anda.