10 Cara Menjaga Hubungan Baik Dengan Teman

Banyak yang berpendapat, bahwasannya mencari teman yang sejalan dan satu frekeuensi itu ibarat mencari pasangan hidup. Dimana Ketika Anda merasakan ‘’klik’’ bersamanya, pasti akan terus bersama mereka menceritakan senang dan sedih pada mereka.

Termasuk dalam hal menjaga hubungan baik bersama teman-teman, Anda harus pintar-pintar mengetahui trik dan tips yang baik agar pertemanan semakin awet.

Hal ini sangat penting, mengingat selain pasangan yang akan selalu ada disamping kita, kehadiran teman-teman pun tidak kalah berartinya. Bahkan, terkadang mereka selalu paling mengerti diantara orang-orang yang dikenal.

Saying rasanya, bila harus terputus hubungan pertemanan karena masalah yang sepele atau ego masing-masing.

Karena itu, berikut akan dipaparkan tentang 10 Cara menjaga hubungan baik dengan teman. Dan Inilah dia ulasannya!

Tips Menjaga Hubungan Baik dengan Teman

1. Menjadi Pendengar yang Baik

Menjadi Pendengar yang Baik

Cara untuk bisa menjaga hubungan baik dengan teman adalah dengan menjadi pendengar yang baik.

Seperti yang diketahui bersama, manfaat memiliki teman adalah untuk berbagi cerita apa-apa yang terjadi pada kehidupan Anda.

Karena itu, tidak aneh bila saat bertemu dengan teman, akan membicarakan segala sesuatu mulai dari keluarga hingga tentang masalah pribadi.

Tentunya, saat teman Anda bercerita jadilah pendengar yang baik. Sebaiknya jangan memotong terlebih dahulu pembicaraannya sebelum teman Anda selesai berbicara.

Selain itu, jangan pula bersikap menggurui atau baik dengan apa yang mereka katakana pada Anda, karena akan merasa tidak nyaman dan memperburuk hubungan baik dengannya.

Sebaiknya, dengan dengan baik apa yang dibicarakannya, kemudian Anda boleh memberikan nasehat jika memang diminta olehnya.

Karena terkadang seseorang yang bercerita pada Anda hanya ingin didengarkan tidak ingin diberikan solusi.

Apabila poin ini dijaga dengan baik, maka sangat dijamin hubungan Anda dengannya akan semakin baik.

2. Menjaga Rahasia Teman

Cara berikutnya untuk bisa menjaga hubungan baik dengan teman adalah dengan selalu menjaga rahasia mereka.

Banyak kasus yang terjadi salah satu retaknya hubungan seseorang dengan temannya dikarenakan kurang bisa menjaga rahasia, sehingga ‘’aib’’ mereka pun tersebar pada orang-orang yang tidak seharusnya tahu.

Baca juga : 10 Cara Menjadi Orang yang Tidak Membosankan

Apalagi Ketika teman Anda menekankan berkali-kali untuk bisa menjaga rahasia tersebut, maka permintaannya tersebut harus dipenuhi.

Biasanya salah satu faktor hubungan pertemanan seseorang sangat awet dikarenakan teman tersebut bisa menjaga rahasia dan tidak membocorkannya pada siapapun.

Oleh karena itu, selalu tahan diri Anda untuk tidak menceritakan apapun pada orang lain tentang teman Anda tanpa seizinnya.

Belajarlah untuk menjaga rahasia karena hal itu adalah sebuah amanah atau kepercayaan seseorang pada Anda yang harus dituruti dengan baik.

3. Tidak Menyinggung Perasaan Teman

Hati-hati bila ingin menasehati teman walaupun Anda telah kenal lama dengannya, tetap saja harus memiliki adab sopan santun dalam berbicara agar tidak menyinggung perasaannya.

Bila tidak berhati-hati dalam berbicara dan teman Anda tersinggung, alih-alih bisa merusak hubungan yang selama ini terjalin dengan baik.

Baca juga : 10 Cara Membaca Pikiran Orang lain dengan langkah Berikut

Banyak orang yang berpendapat, bahwa seseorang yang gampang baperan atau tersinggung adalah orang yang lebay dan tidak asik untuk diajak berteman.

Sebenarnya hal tersebut tergantung dari kondisi dan situasi yang dihadapinya. Jika memang ada masalah serius yang dihadapi teman Anda, kemudian Anda berkata yang berpotensi menyinggung mereka, jelas hal itu akan membekas pada hatinya alih-alih merusak hubungan Anda.

Maka dari itu, bijaklah untuk menyikapi persoalan teman Anda, dan sebelum berbicara ada baiknya dipikirkan dengan matang agar tidak menyinggungnya.

4. Menjalin Komunikasi dengan Baik

Cara Menjaga Hubungan Baik Dengan Teman

Komunikasi adalah kata kunci yang sangat penting dalam setiap hubungan, termasuk dalam hubungan pertemanan.

Jika Anda ingin menjaga hubungan baik dengan teman, maka harus bisa menjalin komunikasi dengan baik.

Hal tersebut juga bisa meminimalisir adanya kesalahpahaman dalam menjalin hubungan. Salah satu kunci untuk bisa menjalin komunikasi yang baik dengan teman Anda adalah dengan mengetahui karakter mereka terlebih dahulu.

Setelah itu, ketahui ‘’bahasa cinta’’ yang ada dalam dirinya. Apakah teman Anda senang untuk diberikan hadiah, senang untuk melakukan Quality Time, dan lain sebagainya.

Karena dengan memahami hal-hal tersebut, biasanya komunikasi akan tetap terjalin dengan baik sekalipun Anda harus terpisah ruang dan waktu dengan mereka.

Jangan lupa pula untuk rutin membangun komunikasi dengan teman Anda lewat media-media canggih yang tersedia saat ini.

Jika satu sama lain tidak memahami hal di atas, bisa dipastikan hubungan pertemanan Anda akan merenggang.

5. Meluangkan Waktu untuk Bersama

Dalam menjaga dan memelihara sebuah hubungan, sangat dianjurkan untuk merawatnya dengan melakukan ‘’ritual’’ yang bisa dijalankan dengan rutin.

Salah satunya adalah meluangkan waktu bersama teman Anda, entah itu per dua minggu, perbulan, atau setahun dua kali jika Anda memang sudah berkeluarga.

Ketika Anda bertemu dengannya, luangkan waktu untuk jalan-jalan, menonton bersama, saling cerita, ke salon bareng, dan aktivitas lainnya yang bisa mempererat hubungan baik Anda dengannya.

Aktivitas tersebut selain bisa memjaga hubungan baik dengan teman juga bisa merefresh diri Anda lebih baik, ditengah rutinitas yang dijalani.

6. Satu Sama Lain Saling Jujur

Kejujuran sering diidentikan dengan pondasi utama yang harus dimiliki dalam sebuah hubungan. Dengan adanya kejujuran tersebut, biasanya satu sama lain akan saling menerima, memahami, dan menghargai.

Hal tersebut bukan berlaku dalam sebuah hubungan percintaan saja, melainkan juga bisa diterapkan dalam hubungan pertemanan.

Kejujuran tersebut tidak hanya bisa membangun hubungan yang baik, namun juga bisa saling terhubung satu sama lain dalam ikan batin yang terjalin.

Kejujuran ini juga penting untuk diterapkan mengingat bahwa setiap orang pada dasarnya tidak mau untuk dibohongi.

Jadi, sekiranya Anda tidak berbuat dan berkata jujur, coba pikirkan Kembali, jika hal itu terjadi pada Anda sendiri, apakah akan rela dikhianati atau dibohongi teman sendiri?

Walaupun perkara tersebut sangatlah buruk dan menyakitkan, tetap saja Anda maupun teman Anda harus berusaha jujur demi terciptanyan hubungan yang baik.

7. Selalu Ungkapkan Tiga Kata Ajaib dalam Segala Hal

Di dunia ini ada tiga kata ajaib yang wajib digunakan dalam menjalin atau menjaga hubungan dengan siapapun termasuk dengan teman Anda.

Adapun tiga kata ajaib tersebut diantaranya adalah kata maaf, tolong, dan terima kasih. Kata-kata tersebut sangat memberikan ‘’energi’’ yang luar biasa dalam menjaga hubungan baik karena ‘’mengandung’’ adab-adab yang memang seharusnya dilakukan sebelum melakukan sesuatu.

Contohnya, Jika Anda merasa bersalah pada teman Anda, jangan sungkan untuk memberi kata maaf. Karena terkadang kata maaf itu sangat ampuh untuk menyelesaikan masalah dan membuat hubungan Kembali baik.

Selanjutnya, adalah kata tolong. Tolong ini digunakan Ketika Anda memang sangat membutuhkan pertolongan kepada teman, jangan lupa diawali kata tolong.

Sekalipun Anda menyuruh pada seseorang yang usianya lebih muda, jangan lupa untuk ‘’meneyelipkan’’ kata tolong tersebut.

Kata tolong ini, bisa menjadi ‘’bumbu’’ yang semakin membuat hubungan pertemanan menjadi lebih baik lagi.

Dan selanjutnya adalah kata terima kasih. Ya betul. Kata terima kasih tersebut bisa Anda gunakan setelah teman Anda telah memberikan bantuannya atau sangat mengerti dan perhatian terhadap apa yang Anda alami.

Kata terima kasih tersebut, bisa menjadikan seseorang merasa diakui keberadaannya sehingga satu sama lain saling membutuhkan dan bisa saling membantu di kemudian hari.

8. Sigap Mengatasi Kesalahpahaman

Setiap manusia pasti ada kekurangan serta kekhilafan yang pernah dilakukan. Terkadang dari kekurangan kekhilafan tersebut munculah sebuah kesalahpahaman yang kerap membuat hubungan tidak berjalan dengan baik.

Jika satu sama lain tidak mau ada yang mengalah dan membiarkan kesalahpahaman tersebut terus melebar, maka bisa dipastikan hubungan baik dengan teman Anda pun bisa semakin renggang.

Oleh karena itu, segeralah memperbaiki dan menyelesaikan kesalahpahaman tersebut, sebelum petemanan Anda hancur.

Hilangkan ego, jika memang Anda masih ingin bersama teman Anda yang telah ‘’setia’’ menemani sejak awal.

Kesalahpahaman tersebut apabila diselesaikan dengan cara yang baik tentunya akan bisa memperbaiki hubungan yang awalnya retak bisa kembali lebih baik lagi.

9. Selalu Ada dalam Senang dan Sedih

Selalu Ada dalam Senang dan Sedih

Teman yang baik dan mengerti satu sama lain akan selalu ada untuk Anda dalam keadaan senang maupun sedih.

Teman yang baik juga tidak akan meninggalkan Anda, apabila Anda melakukan sebuah kesalahan yang fatal.

Justru dengan adanya teman tersebut mereka akan menguatkan Anda dan menasehati dalam kebenaran dan kesabaran.

Tentunya, dari kondisi senang dan sedih ini Anda bisa tahu dan menyeleksi mana teman yang hanya butuh sosok Anda saat berada di puncak dan mana yang meninggalakan Anda ketika sedang terpuruk.

Jika Anda telah berteman lama dengan sahabat Anda tersebut, kemudian pada satu kondisi Anda sedang terpuruk namun teman tersebut tidak datang menemami tanpa ada kabar atau pemberitahuan yang jelas, bisa dipastikan hal tersebut bisa merusak hubungan pertemanan.

Maksud selalu ada ini bukan hanya harus hadir dalam bentuk fisik saja. Jika kondisinya saling berjauhan, lewat sosial media atau media komunikasi lainnya bisa dimanfaatkan untuk saling menasehati satu sama lain.

10. Hindari Kecurigaan atau Berburuk Sangka

Seperti yang diketahui bersama, berburuk sangka adalah sifat yang tidak terpuji yang tentu saja tidak boleh dilakukan oleh setiap orang.

Karena dari berburuk sangka inilah bisa lahir rasa iri pada siapapun termasuk pada teman Anda. Jika hal tersebut terus dipelihara bisa menyebabkan kesalahpahaman yang ujung-ujungnya hubungan pertemanan Anda menjadi tidak baik.

Cara agar buruk sangka itu tidak terus meluas adalah dengan selalu mengkonfirmasi dugaan-dugaan yang selalu terniang dalam benak Anda.

Biasanya teman yang baik dan sudah percaya satu sama lain akan bersikap jujur atau menjelaskan dengan gambling apa yang sebenarnya terjadi.

Hati-hati dengan ‘’bisikan’’ untuk berburuk sangka tersebut karena boleh jadi Anda yang akan dirugikan dalam hal ini.

Selain itu, sebelum Anda berburuk sangka, berpikirkan dengan jernih. Apakah mungkin teman Anda mau melakukan hal tersebut?

Baca juga : 10 Cara Melupakan Mantan Terindah dengan Cepat

Atau pikirkanlah Analisa-analisa yang logis, sehingga buruk sangka tersebut bisa hilang dari benak Anda.

Penutup

Nah, itulah dia 10 cara menjaga hubungan baik dengan teman. Semoga bisa bermanfaat dan hubungan dengan teman Anda bisa terjalin lebih baik lagi. Selamat mempraktekkan.