10 Cara Menjadi Orang yang Tidak Membosankan

Setiap manusia tentunya memiliki kepribadian yang berbeda-beda. Biasanya tipe kepribadian yang disukai oleh semua orang adalah tipe pribadi yang menyenangkan dan tidak membosankan.

Seseorang yang memiliki pribadi tidak membosankan tersebut umumnya adalah pribadi yang mudah bergaul, supel, dan sederhana.

Memiliki kepribadian yang tidak membosanya pun sejatinya adalah keinginan dari setiap orang. Hal itu memang tidak mudah untuk dilakukan karena pasti Anda di mata orang lain maupun sebaliknya memiliki cara pandang dalam penilain yang berbeda-beda.

Akan tetapi, untuk membentuk pribadi yang tidak membosankan ini bukanlah hal yang sulit, jika Anda tahu cara-cara dasar seperti apa yang harus dilakukan.

Cara tersebut tentunya akan dirangkum pada pembahsan di bawah ini mengenai 10 cara menjadi orang yang tidak membosankan.

Cara menjadi orang yang tidak membosankan

Penasaran seperti apa pembahasannya? Yuk, simak bersama di bawah ini!

1. Jangan Membuka Topik yang Berat Saat Sedang Santai

Saat Anda sedang santai bersama sahabat atau rekan-rekan Anda, sebisa mungkin jangan membuka topik yang berat, seperti pembahasan isu sosial, politik, pekerjaan, masalah keluarga, dan sebagainya.

Baca : 10 Cara Menjadi Orang Sabar dan Ikhlas dalam Menghadapi Masalah

Topik di atas selain sangat sensitif juga termasuk pembicaraan yang berat, membosankan, serta penanganannya pun harus dilakukan dengan serius.

Maka dari itu, Anda harus mengetahui masalah ‘’timing’’ atau waktu untuk bersenang-senang serta waktu yang tepat untuk berbicara serius.

Jika memang Anda tidak mengetahui topik yang akan dibicarakan, berikut akan diberikan sebuah pilihan topik menarik yang pada umumnya dibicarakan pada waktu-waktu santai, seperti;

  • Makanan yang sedang trend dan disukai banyak orang
  • Aktivitas menyenangkan yang terkahir kali dilakukan
  • Tokoh idola yang sedang hangat diperbincangkan
  • Hobi yang dilakukan seseorang
  • Film yang sedang hits, dan lain sebagainya

Agar tidak terlalu kaku, Anda bisa menjadi pendengar terlebih dahulu kemudian ikut berbincang jika Anda mengetahui lebih informasi tersebut.

2. Mau dan Berani Berkenalan dengan Orang Baru

Agar tidak menjadi orang yang tidak membosankan, cara berikutnya yang bisa Anda lakukan adalah mau dan berani berkenalan dengan orang baru.

Boleh jadi, Anda dianggap membosankan karena memang lingkup pergaulanya Anda terbatas dan hanya di lingkup itu-itu saja.

Baca juga : 10 Cara Menghilangkan Stres dengan Cepat dan Mudah

Sehingga teman yang Anda miliki sangat terbatas dan wawasan Anda pun tidak berkembang lebih luas.

Oleh karena itu, cobalah untuk mau dan berani mencakup lingkungan yang lebih luas, fungsinya agar Anda bisa berkenalan dengan orang-orang baru yang atmosernya pun lebih positif.

Teman-teman baru tersebut akan membuka wawasan Anda terhadap banyak hal dan otomatis perlahan-lahan akan membuat hidp Anda menjadi lebih menyenangkan serta tidak membosankan.

3. Menjadi Pendengar yang Baik

Ketika ada seseorang yang berbicara pada Anda, sebisa mungkin jadilah pendengar yang baik.

Tunjukkan respon yang baik serta antusias dan tertarik tehadap apa yang seseorang tersebut bicarakan pada Anda.

Hal tersebut bisa ditunjukkan dengan memasang wajah ekspresi antusias, penuhi emosi, dan jangan lupa untuk memperhatikan dan melihat mata lawan bicara Anda.

Sesekali lontarkan pula pertanyaan yang berkaitan dengan topik yang mereka bicarakan, agar mereka tahu Anda memperhatikan pembicaraannya.

Jangan bersikap acuh atau terlihat bisa karena teman Anda tidak akan meneruskan pembicaraan tersebut.

Hindari pula memotong pembicaraan orang, alangkah lebih baik untuk mendengarkannya terlebih dahulu sampai selesai.

Seseorang yang bercerita pada Anda tidak selamanya mengingkan nasihat atau saran. Boleh jadi, Ia hanya ingin didengar saja dan hanya ingin mencurahkan isi hatinya.

Hal ini memang terlihat sepele, tetapi memiliki dampak yang luar biasa dan bisa membuat Anda menjadi orang yang tidak membosankan.

4. Mengucapkan 3 Kata Ajaib

Ada 3 kata ajaib yang tampak sederhana, namun jarang terucap, tetapi memiliki pengaruh besar untuk orang-orang disekitarnya. Tiga kata ajaib tersebut adalah Maaf, Tolong, dan Terima Kasih.

Ucapkanlah tiga kata ajaib tersebut sesuai dengan kondisinya, yaitu ketika Anda melakukan kesalahan ucapkan kata maaf, saat ingin meminta bantuan pada orang lain jangan lupa ucapkan tolong,dan ketika Anda sudah ditolong orang lain atau ada yang memberi sesuatu pada Anda ucapkanlah terima kasih.

Tiga kata ini dianggap ajaib karena secara tidak langsung, Anda akan dianggap sebagai seseorang yang selalu menghargai orang lain dan juga sopan terhadap siapapun.

Cara elegan dalam berkomunikasi tersebut menunjukkan bahwa Anda memiliki kecerdasaan sosial. Dengan mengatur dan menjaga komunikasi tersebut, Anda akan dianggap sebagai pribadi yang menyenangkan dan tidak membosankan.

5. Mempunyai Selera Humor

Seseorang yang memiliki selera humor atau hobi bercanda pasti akan disenangi oleh siapapun yang ada didekatnya.

Pasalnya, seseorang yang suka bercanda atau memiliki humor tersebut secara tidak langsung bisa menghibur orang-orang yang disekitarnya dan membuat mereka lupa akan masalah-masalah yang menghampirinya.

Orang yang mempunya selera humor pun dianggap sebagai orang yang tidak membosankan karena Ia tidak akan sakit hati atau tidak akan menganggap serius candaan orang lain.

Dari humor yang dilontarkan ini, bisa mencairkan suasana yang kaku menjadi hangat. Maka dari itu, salah satu cara menjadi orang yang tidak membosankan adalah dengan mempunyai selera humor.

Akan tetapi untuk bisa melontarkan humor ini memang tidak sembarangan, Anda harus mengetahui waktu dan kondisi yang tepat.

Karena jika salah kondisi, Anda justru dianggap sebagai orang yang tidak serius dan tidak mengerti perasaan orang lain. Alih-alih ingin menyenangkan mereka ternyata malah menyakiti perasaan mereka.

Jika Anda ingin melontarkan humor, hal yang harus diperhatikan adalah;

  • Mencari topik yang pas
  • Menyesuaikan dengan situasi
  • Memperhatikan mood orang lain
  • Memperhatikan usia dan juga jabatan seseorang
  • Jangan terlalu sering bercanda

6. Menyapa dan Menyebutkan Nama Seseorang

Ketika Anda disapa dan sekaligus disebutkan namanya langsung, pasti akan ada perasaan bangga, haru, dan juga merasa dihargai.

Anda pun akan berusaha untuk mengingat nama seseorang yang memanggil nama tersebut dan tentunya akan memberikan respect positif terhadap hal tersebut.

Hal tersebut sangatlah membuat haru, bangga, dan merasa dihargai karena memang pemanggilan nama tersebut sudah sangat jarang terjadi. Kebanyakan orang memanggil dengan nama, mas, teteh, akang, mbak, sis, atau juga bro.

Walaupun terlihat dan terkesan sederhana, menyapa sekaligus memanggil nama tersebut akan membuat Anda dikenal sebagai seseorang menyenangkan dan tidak membosankan.

Cara ini boleh jadi sudah banyak yang mengetahuinya, tetapi banyak yang belum mengetahui efek panjang dari hal tersebut.

7. Tidak Berkata yang Menyakitkan

Seseorang yang selalu berkata menyakitkan, sinis, atau suka menyindir, pastinya tidak akan disukai oleh orang-orang yang ada disekitarnya.

Jangankan berdekatan dengan mendengarnya namanya pun boleh jadi banyak yang tidak menyukainya.

Maka dari itu untuk menjadi orang yang menyenangkan dan tidak membosankan bisa dimulai dari dengan tidak melontarkan kata-kata yang menyakitkan.

Usahakan untuk selalu mengeluarkan kata-kata yang positif, penuh motivasi, dan menenangkan banyak orang.

Setinggi jabatan atau sebagus fisik yang Anda miliki, jika tidak bisa berkata yang baik, perlahan orang-orang yang ada disekitar Anda akan menjauh dan tidak mau berteman.

Mulai dari sekarang, cobalah untuk memperbaiki diri dimulai dari menjaga lisan dan berkata yang bisa menyejukan hati orang-orang yang di sekitar Anda.

8. Ramah dan Murah Senyum

Cara berikutnya agar tidak menjadi orang yang membosankan adalah dengan bersikap ramah dan murah senyum.

Lagi-lagi, pasti Anda dikejutkan dengan hal yang kecil ini namun memiliki efek yang luar biasa untuk orang-orang disekitar.

Seseorang yang mudah senyum karena memang didalam dirinya tidak dipenuhi kekecewaan dan kekhawatiran.

Tetapi yang pasti, seseorang yang murah senyum bisa mengendalikan dirinya. Ia sudah mampu membahagiakan diri sendiri tanpa harus menuntut orang lain membuatnya bahagia.

Dikatakan sebagai pribadi yang tidak membosankan karena memang, Ia mampu menebarkan energi positif untuk orang-orang yang ada disekitarnya.

Murah senyum bukan berarti senyum tanpa ada penyebabnya. Orang yang murah senyum ini memang membawa energi positif dan disebut sebagai orang yang ramah.

Sikapnya tersebut adalah tulus dari hati sehingga siapapun yang ada didekatnya akan senang dekat dan bergaul denganya.

9. Berpikir Positif

Untuk menjadi orang yang tidak membosankan cara berikutnya yang bisa Anda lakukan adalah selalu berpikir positif.

Berpikir positif ini sangat perlu dilakukan, agar Anda tidak terjebak pada pemikiran negatif yang akan merugikan diri sendiri.

Pemikiran dan sikap negatif tersebut tercermin dari selalu mengeluh terhadap sesuatu yang belum dijalaninya, merasakan ketakutan yang berlebihan, selalu berburuk sangka pada orang lain, selalu merasa paling menderita, dan lain sebagainya.

Maka dari itu, mulailah membiasakan diri dengan selalu berpikir positif dalam segala hal yang ada disekitar Anda, sehingga orang-orang yang ada disekitar Anda merasa nyaman dan senang.

Seseorang yang selalu berpikiran positif akan bisa melihat peluang dalam setiap masalah yang dihadapi. Dan yang lebih seru lagi, hidup yang dijalaninya sangatlah menyenangkan walaupun di setiap waktu selalu ada hal-hal yang tidak sesuai dengan rencana.

Selain menjadi orang yang tidak membosankan, seseorang yang selalu berpikiran positif bisa terhindar dari stress. Apapun yang dihadapinya akan dilakukan baik dan selalu berpikir positif terutama kepada Sang PenciptaNya.

10. Memperbanyak Pengetahuan dengan Membaca

Membaca bagi sebagian orang memang akan terasa membosankan. Tetapi akan lebih membosankan lagi jika pengetahuan Anda tidak berkembang dan tidak mau mengupgrade diri.

Baca juga : 10 Cara Menjadi Diri Sendiri dan Apa Adanya

Pasalnya, seseorang yang membosankan tersebut salah satunya karena memang selalu menjawab tidak tahu terhadap apa yang ditanyakan seseorang.

Tentunya bila sudah begitu, tidak ada lagi pembicaraan yang bisa diteruskan karena lawan bicara tidak mengetahui apapun.

Maka dari itu, jadilah orang yang memiliki wawasan yang luas agar bisa menyenangkan bagi setiap orang.

Pengetahuan yang Anda miiki tersebut bisa membuat orang tertarik dan ingin mengenal lebih dengan Anda.

Untuk menambah wawasan tersebut jalan yang bisa Anda tempuh adalah dengan banyak membaca. Bacaan yang dimaksud tidak selalu topik yang serius dan memberatkan.

Tetapi, mulailah dari bacaan yang Anda sukai bisa itu novel, komik, majalah, artikel di website dan lain sebagainya.

Selain itu jangan bersikap acuh terhadap perkembangan yang terjadi di masa kini. Karena itu, biasanya bisa menjadi topik pembicaraan yang hangat dan sarana untuk mengakrabkan diri dengan seseorang.

Nah, semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda agar bisa menjadi orang yang tidak membosankan. Selamat mencoba.