10 Cara Mempertahankan Hubungan Agar Langgeng Sampai Menikah

Harapan untuk sebuah hubungan berakhir ke jenjang pernikahan jelas dambaan tiap pasangan yang sedang merajut kisah asmara. Namun terkadang beberapa kisah harus berakhir tak sampai pada jenjang yang serius tersebut.

Nah artikel kali ini akan memberi tips gimana kalian bisa mencoba mempertahankan hubungan kalian agar dapat mencapai jenjang pernikahan.

1. Jujur dan Saling Terbuka

Kejujuran jelas merupakan salah satu pondasi penting dalam sebuah hubungan. Hubungan yang dilakukan tanpa dilandasi kejujuran dan rasa saling percaya sepertinya akan membuat hubungan tersebut di lingkupi rasa curiga satu sama lain.

CARA MEMPERTAHANKAN HUBUNGAN AGAR LANGGENG SAMPAI MENIKAH

Dengan rasa curiga yang timbul akan membuat pondasi sebuah hubungan tidak kokoh. Selayaknya bangunan dengan pondasi yang tidak kokoh maka bangunan yang berada diatasnya akan hancur dengan mudah, dan hal yang sama dapat diibaratkan dengan hubungan yang dilandasi dengan pondasi yang tidak kokoh tersebut.

Maka hubungan tersebut akan mudah goyah dan akan sulit dipertahankan.

Maka cobalah untuk mengutamakan jujur ke pasangan. Saling terbuka dan membicarakan semua masalah dengan Bersama – sama akan menyelesaikannya dengan lebih baik dibanding berusaha menyembunyikannya.

2. Menjaga Kepercayaan Satu Sama Lain

Setelah mengutamakan kejujuran, maka kepercayaan itu akan turut hadir. Hal ini karena kalian akan saling mempercayai tentang kejujuran kalian. Kalian akan berusaha untuk menjaga kepercayaan kalian satu sama lain dengan terus mengutamakan kejujuran kalian.

Walaupun tidak semua hal akan kalian utarakan namun ketika ada sesuatu yang tidak perlu disembunyikan maka kalian bisa menceritakannya.

Hal ini juga akan membuat kalian saling mempercayai karena masing – masing dari kalian akan memberi kepercayaan satu sama lain. Membuat pasangan kalian merasa yakin karena telah memberinya kepercayaan tentang diri anda.

3. Mengerti Aktivitas Masing – masing

Setiap orang memiliki kesibukan masing – masing. Apalagi jika berasal dari profesi yang berbeda. Maka dari itu cobalah untuk memahami kesibukan pasangan mu. Berikan dia waktu untuk menikmati kariernya. Usahakan untuk tidak mengganggunya saat dia sedang fokus menyelesaikan tugas.

Selain itu, saat dia kelelahan anda harus mengerti. Jangan menuntutnya ini dan itu. Cobalah untuk menemaninya saat dia kelelahan. Entah melakukan kegiatan yang mungkin dapat menghiburnya. Atau berikan dia waktu untuk beristirahat jika dia memintanya.

4. Lakukan Hal – hal Baru dan Hindari Rasa Bosan

Biasanya saat sepasang kekasih akan menikmati hari bersama, mereka akan melakukan kegiatan yang mereka sukai. Entah nonton di bioskop, ke taman bermain dan sebagainya. Namun jika hal yang dilakukan terlalu monoton dan itu – itu saja, hal tersebut dapat menimbulkan rasa bosan diantara keduanya.

Maka dari itu cobalah untuk melakukan hal – hal baru. Tetapi bukan berarti selalu melakukan hal baru setiap bersama. Anda tetap dapat melakukan hal – hal seperti biasanya namun selipkan beberapa hal yang berbeda.

Misalnya jika kalian terbiasa ke tempat bermain yang itu – itu saja, maka cobalah untuk ke tampat bermain yang berbeda. Ada tempat makan yang berbeda. Bahkan mungkin ke tempat – tempat yang belum pernah anda kunjungi bersama.

5. Hubungan yang Seimbang Satu Sama Lain

Untuk yang satu ini, cobalah untuk memiliki hubungan yang seimbang. Yaitu memiliki rasa cinta yang sama, saling pengertian, hubungan yang lebih dewasa. Jangan hanya memikirkan diri kamu sendiri. Jangan biarkan salah satu diantara kalian memiliki rasa cinta yang lebih besar dan satu lainnya hanya sedikit.

Jangan biarkan dia memberi anda perhatian lebih tanpa anda memberinya perhatian sama sekali. Begitupun sebaliknya. Karena ketika yang satu terlalu berlebih dan lainnya malah berkurang maka akan membuat hubungan tersebut tidak seimbang.

Suatu saat akan membuat salah satunya lelah karena harus menjadi pengertian yang berlebih, lelah karena menerima pengertian yang berlebih. Maka bangunlah hubungan yang seimbang satu sama lain. Saling memberi dan menerima, saling mengerti satu sama lain. Biarkan hubungan seimbang kalian bertahan dengan harmonis.

6. Saling Menerima Satu Sama Lain

Kalimat yang berbunyi “setiap manusia memiliki kelebihan dan kekurangan masing – masing” sepertinya sudah biasa yaa. Nah begitupun dalam hubungan asmara. Pasangan kalian juga manusia, memiliki kelebihan dan kekuranan.

Maka terimalah dia apa adanya, karena jika kamu tidak bisa menerima hal tersebut maka kamu akan merasa kecewa dan itu akan membuat hubungan kalian berakhir buruk. Begitupun sebaliknya, saling menerima satu sama lain agar hubungan kalian tetap bertahan.

7. Jangan Membandingkannya!

Nah jika kamu sudah menerima kekurangan dari pasangan mu, maka berhentilah membanding – bandingkannya. Jika kamu merasa pasangan mu tidak se-romantis laki – laki lain maka terimalah bagaimanapun sikap romantis yang dimilikinya.

Karena bisa jadi, walaupun dia tidak se-romantis laki – laki lain namun dia memiliki sikap pengertian lebih dari laki – laki yang kamu bandingkan. Maka terapkan dalam hubungan mu sikap tidak membanding – bandingkan satu sama lain untuk mempertahankan hubungan kalian hingga ke jenjang yang lebih serius.

8. Berhenti Memikirkan Hal – hal Dramatis! Hadapi Semua yang Nyata

Hal – hal dramatis memang tidak hanya sebagai kisah dalam film atau novel, namun jangan sampai anda malah mengharapkan hal seperti itu terjadi pada hubungan anda. Karena setiap hubungan memiliki kisah tersendiri yang akan membuatnya berbeda dari kisah – kisah lain.

Maka dari itu hadapi semua yang ada di depan mata anda, nikmati semua proses yang anda lalui. Jangan lupa bersyukur dengan apa yang anda miliki, hal itu akan membuat anda semakin menerima kekasih anda dan anda tidak akan merasa memiliki beban dalam hubungan tersebut. Sehingga kisah anda akan mengalir sendiri tanpa harus memiliki skenario buatan.

9. Menjaga Komunikasi Saat Intensitas Bertemu Berkurang

Nah karena aktivitas setiap orang berbeda maka pasti akan sulit untuk mengatur jadwal temu kamu dengan si dia. Padahal menikmati waktu Bersama merupakan salah satu faktor yang membuat hubungan kalian tetap langgeng.

Baca juga : 10 Cara Sederhana Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga

Eits tapi karena kesibukan masing – masing dapat membuat kalian sulit untuk menikmati waktu Bersama. Oleh karena itu setidaknya kalian tetap menjaga komunikasi kalian.

Kecanggihan teknologi memang memberi banyak manfaat, salah satunya membantu sepasang kekasih agar tetap dapat menjalin komunikasi, apalagi bagi mereka yang menghadapi long distance relationship alias LDR. Maka manfaatkanlah dan jaga komunikasi kalian agar hubungan kalian dapat terjaga hingga resepsi berlangsung.

10. Beri Waktu Satu Sama Lain Agar Tetap Memiliki Waktu Dengan Keluarga dan Teman

Memiliki sepasang kekasih bukan berarti kehidupan kita hanya berputar pada dia saja. Begitupun sebaliknya. Kalian masih memiliki orang lain disekitar kalian seperti keluarga dan teman.

Maka dari itu luangkanlah waktu kalian sesekali untuk tetap menjalin hubungan baik dengan keluarga dan teman. Bahkan kalian bisa saling mengenalkan kepada keluarga dan teman kalian. Hal itu juga dapat membuat kalian untuk lebih saling mengenal lagi.

Dengan mengetahui siapa keluarga dan teman dari pasangan kamu maka kamu dapat mengetahui seperti apa linkungan yang dimilikinya. Kamu juga dapat menilai bagaimana pasangan mu atau menemukan hal – hal baru tentang pasangan mu dari lingkungan yang dia miliki.

Baca juga : 9 Cara menarik perhatian pria yang kamu sukai

Beberapa tips diatas dapat dilakukan agar kalian dapat mempertahankan hubungan kalian hingga ke jenjang pernikahan. Semoga artikel ini dapat membantu hubungan kalian agar tetap bertahan hingga jenjang pernikahan.

Namun yang terpenting, bertahannya sebuah hubungan berasal dari setiap individu yang berjuang. Kamu dan dia harus kompak untuk mempertahankan hubungan kalian, karena seberapa kerasa usaha untuk mempertahankan hubungan tersebut namun hanya dari satu pihak yang berusaha maka hubungan itu akan berakhir buruk. Maka berjuanglah Bersama dan nikmatilah proses hingga akhir!