10 Cara Melupakan Mantan Terindah dengan Cepat

Berani menjalin hubungan dalam ikatan cinta, tentu harus berani pula mengambil resiko dari hubungan tersebut. Terkadang dua orang insan yang menjalin hubungan cinta, baik itu pacaran ataupun sudah menikah pun tidak akan selalu berakhir bahagia.

Entah itu harus putus hubungan sebelum menikah ataupun bercerai ketika sudah menikah. Tentu saja bercerai atau putus hubungan tersebut adalah hal yang tidak akan disukai siapapun dan masuk dalam episode terpait dalam kehidupan.

Saat merasakan sedih berpisah dengan pasangan, biasanya cenderung untuk menarik diri dari aktivitas apapun. Mengapa tidak, karena sebelumnya boleh jadi banyak tempat atau aktivitas yang memang dilakukan secara bersama-sama.

Karena itu, saat terpuruk dan untuk bisa melupakan mantan terindah adalah dengan menarik diri dari lingkungan.

Cara tersebut biasanya dilakukan agar bisa move on dan melupakan mantan.tetapi, sedkit sekali yang berhasil melupakan mantan mengingat setiap harinya selalu dilalui dengan aktivitas yang berkesan.

Melupakan mantan terindah bukanlah perkara yang mudah jika Anda belum mengetahui cara seharusnya. Karenanya, sangat pas dan beruntung sekali membuka artikel di website ini.

Berikut akan di paparkan mengenai cara melupakan mantan terindah dengan cepat. Sudah tidak sabar ingin tahu caranya! Yuk, simak bersama ulasannya di bawah ini!

1. Unfriend Pertemanan di Dunia Maya

Cara melupakan mantan terindah

Cara pertama untuk bisa move on dari mantan adalah dengan unfriend atau menghapus pertemanan di dunia maya tepatnya di media sosial.

Karena, setelah Anda putus dan jarang bertemu, pasti timbul penasaran dengan aktivitas yang dilakukannya pada hari itu.

Maka cara untuk bisa melihat hal tersebut adalah dengan melihat atau stalking media sosialnya.

Bila hal tersebut dilakukan, sampai kapanpun Anda tidak akan pernah melupakan mantan. Bahkan bisa semakin memicu rasa sakit hati bila sang mantan sudah memiliki pasangan baru.

Karena itu, mulailah untuk menghapus pertemanan di dunia maya bahkan Anda wajib menghapus foto-foto mantan yang ada di sosial media. Selain itu jangan lupa untuk menghapus atau memblokir nomor Whats’app di kontak smartphone Anda.

2. Menyingkirkan Barang-Barang Peninggalan Mantan

Akan sangat sulit melupakan mantan terindah, apabila di sekeliling Anda masih ada barang-barang pemberiannya. Maka dari itu, singkirikan barang-barang tersebut dengan cara dibuang atau diberikan kepada orang yang membutuhkan jika barang masih layak dipakai.

Tentu jika Anda memberikannya pada orang lain, Anda akan mendapatkan pahala dari apa yang telah disedekahkan.

Boleh jadi, Anda akan sangat berat melakukan hal ini karena apa yang diberikannya pasti selalu berkesan dan bernilai sejarah.

Namun percayalah, menyingkirkan barang-barang darinya akan jauh membuat Anda lebih tenang dan bisa cepat move on untuk memulai kehidupan yang baru.

Jangan lupa pula untuk menghapus foto-foto bersama mantan di gadget Anda. Pastikan tidak ada barang atau foto yang tertinggal dan bisa memicu untuk mengingat kembali dirinya.

3. Mencari Aktivitas Lain yang Lebih Bermanfaat

Cara berikutnya untuk bisa melupakan mantan adalah dengan mencari aktivitas lain yang lebih bermanfaat. Biasanya dengan mencari banyak aktivitas, kesempatan untuk memikirkan mantan pun berkurang.

Energi dan fokus Anda lebih banyak dikerjakan untuk hal-hal yang bermanfaat. Tentunya, pilihlah aktivitas yang memang bisa bermanfaat untuk orang banyak, karena sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat untuk orang-orang disekitarnya.

Aktivitas tentunya yang memiliki nilai positif dan Anda pun menyukai kegiatan tersebut. Maka dari itu, yuk segera cari komunitas atau hubungi langsung teman Anda yang memang memiliki aktivitas positif tersebut.

Katakan padanya, bahwa Anda ingin bergabung dengan aktivitas tersebut. setelah itu, bersiaplah untuk memulai kehidupan baru yang lebih baik.

4. Berdamai dengan Diri Sendiri

Patah hati karena putus dari pasangan memang sebuah momen terburuk dari setiap orang yang mengalaminya. Di keadaan seperti itu, biasanya timbul menyalahkan diri sendiri dan juga timbul perasaan negatif lainnya yang membuat seseorang trauma untuk berpasangan.

Bersedih memang dibolehkan dan hal itu wajar karena setiap manusia memiliki perasaan tersebut. Tetapi, jangan terlalu larut dalam kesedihan tersebut apalagi sampai trauma dan menyalahkan diri sendiri.

Maka, untuk mengatasi hal tersebut Anda harus berdamai dengan diri sendiri. Maksud dari berdamai dengan diri sendiri ini adalah,maafkan orang yang menyakiti Anda.

Terima apa yang sudah terjadi pada diri Anda, karena boleh jadi ini adalah bentuk rasa kasih sayang Tuhan pada Anda.

Kemudian, Ikhlaskan orang atau kejadian tersebut dan biarkan Tuhan mengganti dengan sesuatu indah dikemudian hari.

Dengan berpedoman pada tiga hal tersebut, hidup Anda kan terasa lebih ringan bukan saja bisa melupakan mantan, melainkan bisa memulai kehidupan baru yang lebih baik lagi.

5. Merealisasikan Kembali Impian yang Belum Tercapai

Apakah Anda pernah bermimpi untuk sekolah di luar negeri atau melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi ?

Baca juga : 10 Cara Efektif Menghadapi Suami Pelit dn Perhitungan

Atau pernah bermimpi untuk keliling dunia, namun belum terealisasikan karena selalu dibatasi pasangan?

Boleh jadi, dulu Anda pernah memiliki sebuah impian yang besar hanya terbatasi oleh pasangan dan belum bisa terealisasikan.

Nah, ketika pasangan Anda sudah berganti status menjadi mantan terindah, maka sudah saatnya merealisasikan kembali impian tersebut.

Stop untuk selalu memikirkan mantan, ambilah kertas dan pena Anda kemudian tuliskan impian-impian Anda tersebut.

Setelah menuliskan impian tersebut, langkah berikutnya adalah membuat rencana-rencan serta target-target yang jelas untuk mewujudkannya.

Percayalah, dengan merealisasikan mimpi tersebut, perlahan-lahan bisa melupakan mantan Anda.

6. Menghindari Seluruh Tempat yang Sering Dikunjungi bersama Mantan

Jika Anda harus menyingkirkan barang-barang pemberian dari mantan, maka Anda pun harus menghindari seluruh tempat yang sering dikunjungi bersamanya.

Mengunjungi tempat tersebut sangat berpotensi untuk bertemu dengan mantan dan membuat Anda susah move on. Jika sudah begitu, hati Anda yang sudah merasa lebih baik bisa jadi tersakiti kembali dan semakin sulit untuk melupakannya.

Maka dari itu, jika Anda ingin mengunjungi suatu tempat, lebih baik hindari dulu tempat-tempat yang sering dikunjungi bersama mantan.

Namun, jika Anda sudah berhasil berdamai dengan diri sendiri dan sudah melupakan mantan terindah, biasanya untuk poin ini tidak akan terlalu berpengaruh pada kehidupan Anda.

Karenanya, cobalah untuk menata hati terlebih dahulu, sebelum Anda siap mengunjungi tempat-tempat tersebut.

7. Berkumpul Bersama Keluarga dan Sahabat

Jika bersama pasangan harus siap berganti status menjadi mantan, tetapi jika bersama keluarga dan sahabat jarang status tersebut bisa berganti.

Baca juga : 10 Cara Menghadapi Pelakor dengan Bijak

Artinya, mereka akan selalu ada untuk Anda dalam sedih maupun senang. Nah, jika Anda sudah jarang berkumpul bersama mereka, kini kembalilah untuk menjalin silahturahim dengan keluarga dan juga sahabat-sahabat Anda.

Boleh jadi dengan membangun kedekatan tersebut, bisa membantu Anda untuk melupakan mantan terindah.

Tentunya kedekatan yang dibangun bersama keluarga bisa dipupuk dengan merencanakan liburan bersama, mengagendakan pertemuan rutin, dan melakukan kegiatan bersama yang belum terealisasikan.

Jangan malu pun untuk bercerita pada mereka, karena biasanya mereka pun bisa menemukan cara untuk bisa membuat Anda tertawa dan kembali menata hidup lebih baik lagi.

Momentum tersebut juga bisa dimanfaatkan untuk membantu keluarga atau sahabat Anda, sehingga kedekatan tersebut bisa berlanjut ketika dalam kondisi dan situasi apapun.

8. Berhenti Mendengarkan Lagu Galau

Apakah Anda memiliki lagu kenangan bersama mantan? Jika iya, sebaiknya berhenti untuk mendengarkan lagu yang bisa mengingatkan Anda kepada mantan.

Mulai sekarang, dengarkan lagu yang bisa memberikan Anda semangat dan harapan baru. Namun perlu diingat, jangan pula mendengarkan lagu yang galau dan sedih yang bisa mengingatkan kembali kenangan Anda bersama mantan.

Walaupun terlihat sepele, lagu-lagu galau dan sedih tersebut memiliki andil besar untuk bisa menentukan suasana hati Anda. Bahkan, bisa mempengaruhi alam bawah sadar Anda yang bisa mempengaruhi perilaku serta kepribadian.

Jika Anda belum mampu untuk mendengarkan lagu-lagu, alangkah lebih baik untuk sementara waktu tidak mendengarkan lagu-lagu tersebut.

Untuk bisa melakukan hal tersebut, mau tidak mau harus menghapus semua file lagu yang ada di laptop, pc, dan juga smartphone Anda.

Mungkin Anda akan berpikir hal tersebut terlalu berlebihan, tetapi percayalah dari hal yang kecil ini bisa mendatangkan kegalauan dan susah melupakan mantan.

Tentunya untuk Anda yang beragama islam, alangkah lebih baik menggantinya dengan mendengarkan murotal Al-Qur’an agar hati menjadi lebih tenang dan semakin dekat dengan Sang Pencipta.

9. Tidak Terburu-buru Mencari Pengganti Pasangan

Bila Anda mendengar bahwa mantan terindah sudah memiliki pasangan baru, sebaiknya jangan terpancing dan emosi akan hal tersebut.

Nikmatilah masa sendiri Anda sampai benar-benar siap menerima kehadiran seseorang yang baru di hati Anda.

Di masa kesendirian tersebut, lakukanlah hal yang memang belum pernah dilakukan atau mengeksplor berbagai hal yang seru dan juga menyenangkan.

Baca juga :

Anda boleh menerima kehadiran yang baru, manakala hati dan pikiran sudah benar-benar tenang serta sudah mulai move on dari sang mantan.

10. Mendekatkan Diri Kepada Sang Pencipta

Ketika hati Anda sudah tidak tenang karena putus atau bercerai dari mantan, langkah berikutnya yang perlu dilakukan adalah mendekatkan diri kepada Sang Pencipta.

Saat Anda mengalami masalah tersebut, jangan pernah menyalahkan Tuhan, karena DIA pasti memiliki rencana terindah untuk Anda. Tuhan tahu siapa jodoh yang terbaik untuk Anda sehingga putus dengan mantan adalah cara untuk bisa bertemu dengan jodoh yang sebenarnya.

Untuk mendekatkan diri dengan pasangan cara yang bisa dilakukan adalah dengan memperbaiki sholat Anda. Kemudian berdzikir, bersedekah, serta amalan lain yang bisa mendekatkan diri dengan Tuhan Yang Maha Esa.

Dengan mendekatkan diri pada Tuhan, maka kegalauan tersebut akan hilang karena Anda paham dan mengerti ilmu agama.

Apa yang terjadi pada Anda adalah ujian yang memang harus diterima karena Tuhan akan menggantinya dengan yang lebih baik.

Jangan lupa untuk bergaul dengan orang-orang shaleh dan shalehah agar Anda istiqomah berada dalam kebaikan tersebut.

Penutup

Yakinlah, Anda putus dengan pasangan bukan akhir dari segalanya. Dunia pun tidak akan berhenti berputar. Maka dari itu yang perlu dilakukan adalah ikhlas menerima dan segera bangkit menata kehidupan yang seharusnya.

Jangan pernah khawatir tentang jodoh karena Tuhan menciptakan manusia dengan berpasang-pasangan. Semoga bermanfaat dan segera Move On.